August 26, 2011

Tingkatan Manajemen & Unsur-Unsur Manajemen


Unsur-Unsur Manajemen
manajemen merupakan suatu usaha atau proses kegiatan kerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya melalui kegiatan orang lain, dengan menggunakan fasilitas/sarana/alat, yang juga disebut sebagai unsur manajemen.
Unsur manajemen (tools of management) tersebut terdapat enam unsur, yaitu:
a. man (tenaga kerja manusia),
b. money (uang yang diperlukan untuk mencapai tujuan),
c. methods (cara kerja atau sistem kerja yang digunakan untuk mencapai tujuan),
d. materials (bahan-bahan yang diperlukan),
e. machines (mesin-mesin yang diperlukan untuk mencapai tujuan),
f. market (pasar atau pemasaran sebagai tempat untuk memperjualbelikan hasil produksi).


Tingkatan Manajemen
Menurut tingkatannya, manajemen dapat dibedakan menjadi tiga tingkatan, tingkatan manajemen dapat diuraikan sebagai berikut.

a. Top Management, dalam kegiatannya lebih banyak mempergunakan kerja pikir daripada kerja fisik untuk mencapai hasil yang diharapkan. Manajemen puncak bertugas membuat rencana jangka panjang, menetapkan tujuan, visi, dan misi perusahaan, serta strategi yang akan digunakan. Manajemen puncak harus dapat mengembangkan semua rencana yang telah dibuat dan mengadakan hubungan dengan pihak luar.

b. Middle Management, dalam kegiatannya antara kerja pikir dengan kerja fisik sebanding, sehingga keduanya dilakukan hampir bersamaan. manajemen menengah bertugas mengalihkan rencana, visi, misi, dan tujuan yang dibuat oleh manajemen puncak ke dalam program yang lebih spesifik. Selain itu, manajemen menengah membantu manajer tingkat puncak untuk mencapai tujuan organisasi (perusahaan) serta bertanggung jawab tehadap kinerja manajemen tingkat bawah dalam pencapaian tujuan.

c. Lower Management, dalam kegiatannya lebih banyak mempergunakan kerja fisik daripada kerja pikir. Manajemen tingkat bawah membawahi langsung pekerjaan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas mereka. Tugas  manajemen bawah adalah melakukan pengambilan keputusan, mengomunikasikan rencana memberikan motivasi kerja pada para karyawan, dan menetapkan prestasi yang layak diterima karyawan.

Apa Komentar anda tentang materi di Atas...

Artikel yang berkaitan :

Comments
0 Comments

0 comments: