Latest News

Perhitungan Nilai Investasi


Investasi yang dilakukan tidak langsung menghasilkan manfaat, tetapi memerlukan tenggang waktu tertentu. Makin tinggi jumlah dan kualitas investasi, maka tenggang waktunya makin lama. Misalnya investasi di bidang otomotif (perakitan mobil), akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding investasi di bidang pengolahan pangan.
Seseorang atau perusahaan sebelum melakukan investasi, akan melakukan studi kelayakan investasi atau bisnis. Apabila investasi yang direncanakan menghasilkan keuntungan dan mempunyai prospek untuk masa mendatang maka keputusan investasi akan dilakukan.
Pertimbangan pokok dari keputusan investasi adalah berapa nilai sekarang (present value) dari uang yang akan kita peroleh di masa mendatang atau berapa nilai uang masa mendatang (future value) dari jumlah uang yang kita investasikan saat ini. Metode penghitungannya sebagai berikut:
a. Nilai Sekarang (Present Value)
Menghitung nilai sekarang adalah menghitung nilai sekarang dari perkiraan nilai yang akan diperoleh di masa mendatang. Untuk menghitung nilai sekarang dapat digunakan rumus sebagai berikut:

P = F / (1+ r)t

Keterangan:
P = nilai sekarang
F = nilai yang akan datang
r = tingkat bunga
t = periode waktu

b. Nilai Masa Mendatang (Future Value)
Menghitung nilai masa mendatang adalah kebalikan dari menghitung nilai sekarang dari nilai investasi yang direncanakan. Berikut ini rumus untuk menghitung nilai masa mendatang.

F = P (1+r)t

0 Response to "Perhitungan Nilai Investasi"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...