Latest News

Faktor yang memengaruhi besarnya tingkat tabungan


Penghasilan yang diterima oleh suatu keluarga tidak selalu habis dibelanjakan untuk membeli barang-barang kebutuhan. Orang kaya dengan penghasilan yang tinggi akan menghabiskan seluruh penghasilannya untuk konsumsi (kecuali kalau kekayaannya itu diboroskan untuk cara hidup yang serba mewah). Akan tetapi orang-orang sederhana pun berusaha untuk menyisihkan sekadar uang agar kemudian hari bisa membeli barang-barang yang agak mahal.

Bagian penghasilan yang tidak habis dibelanjakan untuk konsumsi disebut tabungan. Tabungan masyarakat ikut berpengaruh terhadap arus uang beredar terhadap investasi, produksi dan permintaan, dan berperan dalam rangka stabilitas dan pembangunan ekonomi. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi besarnya tingkat tabungan, yaitu:
a. Pendapatan Rumah Tangga
Pada umumnya semakin tinggi pendapatan, apabila diikuti oleh sikap berhemat maka akan memperbesar tingkat tabungan. Di negara-negara maju yang pendapatan perkapitanya tinggi, kecenderungan mengonsumsi semakin rendah sehingga tingkat tabungan semakin tinggi.
b. Tingkat Bunga
Tingkat bunga yang tinggi merupakan faktor yang menarik bagi individu atau masyarakat untuk menambah jumlah tabungannya. Mereka mengharapkan memperoleh pendapatan berupa bunga yang lebih tinggi dengan semakin besar nilai tabungan yang dimiliki.
c. Sikap Berhemat
Sikap berhemat terhadap pola konsumsi yang diikuti oleh kegemaran menabung akan memperbesar jumlah tabungan. Apabila jumlah tabungan meningkat secara keseluruhan, akan memperbesar nilai investasi nasional.
d. Distribusi Pendapatan
Distribusi pendapatan adalah pembagian pendapatan secara merata sesuai kemampuan dan kapasitas yang dimiliki individu. Akses terhadap sumber daya yang merata akan meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat. Sehingga semakin tinggi pendapatan, diharapkan tingkat tabungan juga semakin besar.
e. Kondisi Perekonomian
Kondisi perekonomian yang membaik (tingkat pengangguran rendah, kesempatan kerja luas, investasi, dan pertumbuhan ekonomi tinggi) akan meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat. Membaiknya perekonomian akan meningkatkan jumlah tabungan karena pendapatan meningkat. Setelah kalian memahami konsep tabungan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pendapatan dan tabungan. Sehingga fungsi tabungan (S) dapat didefinisikan sebagai hubungan atau keterkaitan antara tingkat pendapatan dan tingkat tabungan.
Dengan kata lain fungsi tabungan adalah kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara tingkat tabungan rumah tangga dalam perekonomian dengan pendapatan nasional (pendapatan disposibel) perekonomian tersebut.

Berikut ini persamaan fungsi tabungan.
S = –a + (1 – b) Y atau S = –a + (1 – b) Yd

Keterangan:
S = tabungan
a = nilai S pada saat nilai Y atau Yd = 0
b = tambahan tabungan yang diakibatkan oleh bertambahnya pendapatan (selisih tingkat tabungan sekarang dan sebelumnya dibagi selisih besarnya pendapatan sekarang dan sebelumnya ) = MPS (Marginal Propensity to Saving)
Y = pendapatan nasional
Yd = pendapatan disposibel

0 Response to "Faktor yang memengaruhi besarnya tingkat tabungan"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...