Latest News

“Bahasa” dalam antropologi


Setiap hari kalian pasti menggunakan bahasa. Cara kalian dalam berbahasa dapat menunjukkan kepribadian kalian. Berbahasa dengan baik dan benar dapat mempermudah dan memperlancar kalian dalam berkomunikasi Bahasa merupakan salah satu unsur dari 7 unsur kebudayaan universal. Suatu kenyataan dan pengalaman bahwa dalam setiap masyarakat manusia selalu terdapat bahasa yang cukup rumit susunannya. Dapat dikatakan juga bahwa bahasa bersifat simbolis atau perlambangan. Artinya suatu perkataan mampu melambangkan arti apapun, walaupun hal atau barang yang dilambangkan artinya oleh kata itu tidak hadir.

Orang tua dapat menjelaskan secara mendetail sekali kepada anak-anaknya mengenai sifat-sifat ular, memerinci panjangnya, besarnya dan warnanya, bentuknya dan cara-caranya bergerak. Menunjukkan tempat-tempat di mana anaknya mungkin menemukan ular dan menerangkan kepadanya bagaimana menghindarkannya. Jadi tanpa pernah melihat ular, anak dapat menyimpan keterangan lisan itu di dalam ingatannya. Saat sang anak ketemu ular, ia mungkin teringat akan kata yang menjadi perlambang untuk binatang itu dan keterangan yang berhubungan dengan itu dan dengan demikian menjauhkan diri dari bahaya.

Anak memahami bahasa yang diucapkan orang tuanya ketika bercerita tentang ular. Kalian memahami bahasa yang diucapkan orang lain, dan menjawabnya dengan bahasa yang dipahaminya pula, sehingga percakapan itu berkembang dan penuh makna. Menurut Chris Baker (2005) bahasa lebih tepat dipahami bersifat konstitutif terhadap nilai, makna dan pengetahuan. Artinya bahasa memberi makna pada benda-benda material dan praktik-praktik sosial, menjadikan benda-benda dan praktik-praktik itu dapat kita pahami serta menghadirkannya pada diri kita dalam batasan yang digariskan oleh bahasa. Bahasa mengkontruksi makna. Lewat strukturnya, bahasa menentukan makna-makna mana saja yang bisa atau tidak bisa dipakai dalam kondisi tertentu oleh subjek-subjek pengguna bahasa.

0 Response to "“Bahasa” dalam antropologi"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...