Latest News

Arti dan Manfaat Perdagangan Internasional


Toyota, Audi, BMW, Chevrolet, Ford, Peugeot, Mitsubishi, Isuzu, Daihatsu, Honda, Hyundai, Mercedes, Volvo dan Opel adalah deretan beberapa merk mobil yang dijual di pasaran Indonesia. Kita juga mengenal berbagai merk handphone seperti Nokia, Samsung, Siemens dan Motorola yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Semua barang di atas tidak dibuat sendiri oleh Indonesia. Barangbarang tersebut umumnya masuk ke Indonesia melalui kegiatan perdagangan internasional. Selain mobil dan handphone, masih banyak barang lain yang diperoleh Indonesia dari perdagangan Internasional, seperti satelit, alat perang, komputer dan pesawat terbang.

Perdagangan internasional sangat penting bagi negara berkembang maupun negara maju. Bagi negara berkembang seperti Indonesia, selain untuk mendapatkan barang-barang yang tidak bisa diproduksi sendiri, adanya perdagangan internasional membantu Indonesia agar dapat menjual sumber daya alam yang dimiliki, seperti timah, karet dan minyak bumi serta menjual berbagai produk, seperti kerajinan rotan, kertas, pakaian dan lain-lain. Di lain pihak, negara maju pada umumnya akan menjual berbagai hasil industri seperti mobil, handphone, TV dan satelit ke negara-negara berkembang. Agar lebih jelas, berikut ini akan dibahas berbagai hal seputar perdagangan internasional.

Perdagangan berasal dari kata dagang yang menurut kamus lengkap bahasa Indonesia berarti kegiatan menjual dan membeli. Sehingga, perdagangan internasional bisa diartikan sebagai kegiatan menjual dan membeli produk yang terjadi antar negara yang dilakukan individu dengan individu, individu dengan pemerintah, atau pemerintah dengan pemerintah. Pada umumnya, negara-negara di dunia melakukan perdagangan internasional untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan demikian, ekspor dan impor merupakan bentuk kegiatan perdagangan internasional. Kegiatan perdagangan internasional memberi banyak manfaat atau keuntungan bagi negara yang melakukannya, termasuk bagi Indonesia.
Manfaat-manfaat atau keuntungan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Sumber Devisa
Dengan mengekspor (menjual) bermacam barang dan jasa, negara kita akan memperoleh devisa. Devisa adalah semua benda yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran internasional. Devisa bisa berbentuk mata uang asing, emas, wesel, cek, dan surat-surat berharga lainnya. Devisa yang diperoleh suatu negara dapat digunakan untuk membayar impor dan lain-lain.

2. Menjaga Stabilitas Harga
Harga suatu barang cenderung meningkat bila jumlah barang yang dimaksud tidak bisa memenuhi permintaan pasar, dengan kata lain jumlah barang lebih sedikit dibanding permintaan. Agar harga tidak terus naik, pemerintah dapat mengimpor barang yang sama sehingga harga dapat stabil kembali.

3. Memperluas Lapangan Kerja
Perdagangan internasional dapat memperluas lapangan kerja. Peningkatan permintaan luar negeri terhadap hasil produksi Indonesia, akan mendorong pengusaha membangun pabrik baru yang membutuhkan tambahan tenaga kerja.

4. Mendorong Alih Teknologi
Barang-barang impor yang berteknologi tinggi seperti komputer, handphone, kapal selam dan pesawat tempur, mengharuskan masyarakat memahami dan mampu mengoperasikan barang-barang tersebut. Hal ini mendorong terjadinya alih teknologi dari negara pengekspor (negara maju) ke negara pengimpor (negara berkembang).

5. Memperluas Konsumsi
Dengan perdagangan internasional, hasil produksi suatu negara dapat dikonsumsi secara lebih luas ke negara lain. Misalnya, buah kiwi dari Selandia Baru dan kurma dari Arab bisa dinikmati di banyak negara. Demikian juga berbagai hasil produksi pabrik, seperti TV, kulkas, handphone dan komputer bisa dikonsumsi oleh banyak negara.

6. Memperoleh Barang dan Jasa yang Tidak Bisa Diproduksi Sendiri
Satelit adalah salah satu contoh barang yang tidak bisa diproduksi oleh negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Indonesia memperoleh satelit dengan cara membeli dari Amerika. Selain satelit, masih banyak barang lain yang tidak dapat diproduksi Indonesia dan harus diperoleh melalui perdagangan internasional.

0 Response to "Arti dan Manfaat Perdagangan Internasional"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...