STANDAR OPERATING PROSEDUR TAK STIMULASI PERSEPSI PENINGKATAN HARGA DIRI : IDENTIFIKASI HAL POSITIF DIRI 
PENGERTIAN
PENGERTIAN
Terapi yang menggunakan aktifitas mempersepsikan berbagai stimulus yang terkait dengan pengalaman untuk didiskusikan dengan kelompok yang hasilnya berupa kesepakatan atau alternatif jawaban penyelesaian masalah
TUJUAN
A.    Pasien mengetahui pentingnya menghargai diri sendiri
B.     Pasien dapat mengidentifikasi hal-hal positif diri
INDIKASI
Pasien harga diri rendah
PERSIAPAN ALAT
A.    Kertas HVS
B.     Spidol
PROSEDUR 
| 
NO | 
BUTIR YANG DINILAI | 
NILAI | ||
| 
2 | 
1 | 
0 | ||
| 
A. | 
PERSIAPAN | |||
| 
1. | 
Memilih   pasien yang sesuai indikasi | |||
| 
2. | 
Membuat   kontrak dengan pasien | |||
| 
3. | 
Mempersiapkan   alat dan tempat (peserta duduk melingkar dalam suasana ruang yang tenang dan   nyaman) | |||
| 
Score = 8 | ||||
| 
NA | 
Nilai =   Jumlah score | |||
| 
NO | 
BUTIR YANG DINILAI | 
NILAI | ||
| 
2 | 
1 | 
0 | ||
| 
B. | 
ORIENTASI  | |||
| 
1. | 
Mengucapkan   salam terapeutik | |||
| 
2. | 
Menanyakan   perasaan klien hari ini | |||
| 
3. | 
Menjelaskan   tujuan kegiatan | |||
| 
5. | 
Menjelaskan   aturan main : 
-            Klien harus mengikuti kegiatan dari   awal sampai akhir 
-            Bila ingin keluar dari kelompok   harus meminta izin dari terapis 
-            Lama kegiatan 45 menit | |||
| 
Score = 8 | ||||
| 
NB | 
Nilai =   Jumlah score | |||
| 
NO | 
BUTIR YANG DINILAI | 
NILAI | ||
| 
2 | 
1 | 
0 | ||
| 
C. | 
KERJA | |||
| 
1. | 
Memperkenalkan   diri, meminta klien untuk memperkenalkan diri mulai dari kiri terapis   bergiliran sampai selesai. | |||
| 
2. | 
Menjelaskan   bahwa pandangan tentang diri akan sangat mempengaruhi hubungan pasien dengan   orang lain.  | |||
| 
3. | 
Membagikan   kertas dan pensil, satu pasang untuk setiap pasien. | |||
| 
4. | 
Meminta   pasien untuk menuliskan tentang dirinya dikertas tentang kondisi fisik,   identitas, peran, cita-cita dan harapan serta penilaian klien tentang   dirinya. | |||
| 
5. | 
Meminta   pasien membacakan hasil tulisannya dikertas masing-masing searah jarum jam   sampai semua peserta membacakan hasil tulisannya. | |||
| 
6. | 
Terapis   memberikan pujian, setiap kali pasien selesai membaca tulisannya | |||
| 
7. | 
Meminta   pasien melihat kembali hasil tulisannya dan meminta mencoret tulisannya yang   isinya penilaian negatif | |||
| 
8. | 
Meminta   kembali membacakan hasil tulisannya yang tersisa secara bergiliran | |||
| 
9. | 
Meminta   pasien menambahkan tulisan aspek ositif dirinya, setelah selesai meminta   membaca ulang secara bergiliran. | |||
| 
10. | 
Terapis   memberikan pujian, setiap kali pasien selesai membaca tulisannya | |||
| 
Score = 20 | ||||
| 
NC | 
Nilai =   Jumlah score | |||
| 
NO | 
BUTIR YANG DINILAI | 
NILAI | ||
| 
2 | 
1 | 
0 | ||
| 
D. | 
TERMINASI | |||
| 
1. | 
Menanyakan   perasaan pasien setelah mengikuti TAK | |||
| 
2. | 
Memberi pujian   atas pencapaian kelompok | |||
| 
3. | 
Menganjurkan   agar pasien menuliskan aspek positif lainnya yang belum tertulis | |||
| 
4. | 
Membuat   kontrak kembali untuk TAK berikutnya | |||
| 
Score = 8 | ||||
| 
ND | 
Nilai =   Jumlah score | |||
 

0 Response to "terapi aktivitas kelompok (tak) stimulasi persepsi peningkatan harga diri : identifikasi hal positif diri"