Pasar persaingan monopolistik pada dasarnya adalah pasar yang berada di antara dua jenis pasar yaitu pasar persaingan sempurna dan monopoli. Oleh sebab itu, sifat-sifatnya mengandung unsur-unsur sifat pasar monopoli dan unsur-unsur sifat pasar persaingan sempurna. Adapun definisi pasar persaingan monopolistik adalah suatu pasar yang terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda coraknya. Di sini, baik penjual maupun pembeli mempunyai kemampuan untuk menetapkan harga satu produk. Karena barang yang dihasilkan berbeda corak, maka produsen dapat menciptakan produk-produk sesuai yang diinginkan pasar.
Di dalam pasar monopolistik terdapat diferensiasi produk, sehingga pembeli memiliki kebebasan memilih produk yang disukai. Pada umumnya pembeli tidak mudah untuk pindah ke produk lain, meski ada produk baru yang muncul di pasar. Contohnya, anggaplah kalian menyukai produk lagu dangdut dan mengoleksi semua lagu-lagu dangdut tersebut dalam bentuk kaset maupun CD, tidak mungkin kalian membeli kaset dan CD lagu-lagu rock, walau itu banyak bermunculan lagu-lagu rock baru maupun lagu-lagu pop baru.
0 Response to "Konsep Pasar Persaingan Monopolistik"