Latest News

Konsep Pasar Oligopoli


Pasar oligopoli hanya terdiri atas sekelompok kecil perusahaan,
yaitu beberapa perusahaan raksasa yang menguasai sebagian besar
pasar oligopoli (sekitar 70 – 80% dari seluruh produksi atau nilai
penjualan). Beberapa perusahaan yang menguasai pasar saling
memengaruhi satu sama lain dan saling ketergantungan karena
keputusan dan tindakan oleh salah satu dari perusahaan tersebut
memengaruhi perusahaan-perusahaan yang lain. Hal ini menyebabkan
perusahaan harus berhati-hati mengambil keputusan, misalnya
mengubah harga, membuat desain, mengubah teknik memproduksi,
dan sebagainya. Sifat saling memengaruhi (mutual independence)
ini merupakan sifat khusus dari pasar oligopoli yang tidak didapati
dalam bentuk pasar lain. Pasar oligopoli terdapat dalam perekonomian
yang sudah maju dan teknologi sudah sangat modern.
Contoh pasar oligopoli antara lain pasar otomotif, industri baja,
pasar software komputer, dan lain-lain.

0 Response to "Konsep Pasar Oligopoli"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...