Latest News

Menganalisis Bahaya Penyalahgunaan Narkoba


Apa yang dimaksud dengan penyalahgunaan obat? Penyalahgunaan obat artinya memakai obat tanpa indikasi medis atau tanpa petunjuk dokter karena penyakit atau hal lain yang dianjurkan dokter. Yang paling banyak disalahgunakan adalah narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya yang dapat menimbulkan ketagihan atau kecanduan dan ketergantungan. Tanpa indikasi (kegunaan) yang dianjurkan dokter atau dosis yang tidak tepat akan berbahaya bagi kesehatan manusia dan bahkan dapat menimbulkan kematian tibatiba.

Masalah penyalahgunaan narkoba ini tidak hanya tanggung jawab satu pihak saja, tetapi juga tanggung jawab bersama yang harus mendapatkan perhatian khusus dari semua elemen masyarakat dan tentunya dapat dimulai dari keluarga. Apabila setiap individu menyadari akan bahaya narkoba, maka penyalahgunaannya dapat diatasi dan akan berkurang pula pengaruhnya terhadap masyarakat terutama generasi muda.

Berikut ini hal-hal yang perlu diwaspadai oleh para orang tua terhadap perilaku anaknya terutama usia remaja yang paling berisiko dalam penyalahgunaan narkoba.
1. Remaja yang ingin memperlihatkan bahwa mereka sudah mampu untuk mandiri dan tidak takut bahaya.
2. Remaja yang tidak berminat pada tujuan akademis, apalagi tentang agama.
3. Remaja yang merasa dirinya tidak diterima di masyarakat.
4. Remaja yang tidak punya konsep jelas, tentang apa yang disebut benar, dan apa yang disebut salah.
5. Remaja yang merasa dirinya tidak mendapat dukungan orang tua dan yang oleh temantemannya sering dianjurkan agar mereka mau mencari pelipur hati untuk kepuasan dengan menggunakan narkotika.

0 Response to "Menganalisis Bahaya Penyalahgunaan Narkoba"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...