Latest News

Keterampilan Memilih Makanan dan Minuman yang Sehat


Makanan dan minuman yang sehat sangat diperlukan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat. Tidak semua makanan dan minumam yang ada di pasaran sehat dan aman dikonsumsi. Oleh karena itu, kalian harus berhati-hati memilih makanan dan minuman yang akan kalian konsumsi.

1. Fungsi Makanan bagi Tubuh
Sesuai dengan kegunaannya, maka makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat dikelompokkan sebagai berikut.
a. Makanan sebagai sumber tenaga terutama yang mengandung hidrat arang seperti: beras, jagung, terigu, kentang, umbi-umbian, dan lain-lain; serta yang mengandung lemak seperti: ikan, daging, telur, dan jenis kacang-kacangan.
b. Makanan sebagai sumber zat pembangun. Protein oleh tubuh digunakan sebagai bahan pembentukan sel-sel jaringan tubuh yang baru, pembentukan sel darah merah, sel darah putih, serta zat kekebalan atau antibodi.
c. Makanan sebagai sumber zat pengatur. Vitamin dan garam mineral diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang kecil, namun mutlak diperlukan tubuh. Makanan yang mengandung vitamin dan garam mineral adalah sayur-sayuran dan buah-buahan. Ketiga kelompok zat makanan tersebut, semuanya diperlukan dan penting bagi tubuh, sehingga kelompok yang satu tidak bisa menggantikan kelompok yang lain. Ketiga kelompok zat makanan harus terdapat dalam susunan makanan kita sehari-hari, yang biasa disebut dengan menu seimbang.

2. Fungsi Air bagi Tubuh
Air adalah bagian yang penting dari semua sel tubuh. Tubuh mengandung 70% air dan tulang mengandung sepertiga air. Air dapat digolongkan sebagai bahan pembangun, zat pengatur, dan merupakan bahan pelarut dari berbagai bahan dalam tubuh. Karena air sebagai larutan, maka bahan-bahan ini dapat dibawa atau beredar ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkannya. Selain itu, air juga diperlukan untuk menjaga suhu tubuh agar tetap dalam keadaan normal antara 36o C – 37o C.
Tubuh memperoleh air dari air minum dan sebagian kecil dari air yang terkandung dalam bahan makanan, serta hasil reaksi kimia dalam tubuh itu sendiri. Air yang keluar dari dalam tubuh dalam waktu 24 jam, kurang lebih dua liter. Agar jumlah air dalam tubuh tetap, maka air yang masuk ke dalam tubuh sekurang-kurangnya dua liter juga. Apabila tubuh kekurangan air (cairan), misalnya menderita muntaber, maka tubuh kekurangan cairan dan kekurangan itu harus cepat diganti.
Air untuk diminum hendaknya memenuhi syarat kesehatan. Air minum yang memenuhi syarat sebagai berikut.
a. Jernih
b. Tidak berasa
c. Tidak berbau
d. Tidak berwarna
e. Tidak mengandung mineral yang berbahaya
f. Tidak mengandung bibit penyakit

0 Response to "Keterampilan Memilih Makanan dan Minuman yang Sehat"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...