Latest News

Keterampilan Berlatih permainan Sepak Bola


kita akan mempelajari bentuk latihan keterampilan sepak bola khususnya teknik menyundul dan lemparan ke dalam (throw-in), serta keterampilan bermain dengan menggunakan peraturan yang telah dimodifikasi.

a. Bermain sepak bola dengan keterampilan menggunakan bentuk dan berbagai formasi latihan secara sederhana
1) Latihan menyundul bola (heading) Bentuk-bentuk latihan bermain sepak bola dengan teknik menyundul bola (heading) secara sederhana antara lain sebagai berikut.
a) Latihan dengan satu orang pemain Latihan dengan satu orang pemain dilakukan dengan bantuan tembok/dinding. Caranya sebagai berikut. Bola dilemparkan ke atas di depan kepala (tidak terlalu tinggi), kemudian langsung disundul dan diarahkan ke dinding. Jarak antara pemain dan dinding kurang lebih 1 meter. Lakukan latihan sampai benarbenar menguasai teknik menyundul bola.
b) Latihan dengan dua orang pemain Latihan menyundul bola dengan dua orang pemain caranya sebagai berikut. Dua orang pemain, A dan B berdiri saling berhadapkan. A melemparkan bola kepada B, kemudian B langsung menyundul bola untuk dikembalikan ke A. A mengembalikan bola kepada B dengan cara menyundulnya dan begitu seterusnya. Saat menyundul bola, arah dapat divariasi dari arah kiri, kanan, tinggi, rendah, tetapi harus diatur lebih dahulu.
c) Latihan dengan tiga orang pemain Latihan menyundul bola dengan tiga orang pemain caranya sebagai berikut. Tiga orang pemain A, B, dan C berdiri membentuk segitiga dengan jarak masing-masing kurang lebih 3 meter dengan satu bola. Pemain yang melemparkan bola bertugas sebagai pelatih. Pemain A melemparkan bola kepada B, kemudian B mengembalikan bola kepada A dengan cara menyundulnya. Kemudian pemain A melemparkan bola kepada pemain C, kemudian C mengembalikan bola kepada A dengan cara menyundulnya. Begitu seterusnya, setelah latihan dilakukan kurang lebih 5 kali, yang bertugas melemparkan bola dapat berganti-ganti.

2) Latihan melemparkan bola ke dalam (throw in) Adapun bentuk-bentuk latihan bermain sepak bola dengan teknik melemparkan bola secara sederhana dapat dilakukan sebagai berikut.
a) Latihan dengan satu orang pemain
Latihan dengan satu orang pemain dilakukan dengan berdiri di tepi garis lapangan. Caranya sebagai berikut. Pemain melemparkan bola dengan berdiri kangkang ke muka belakang. Kemudian pemain melemparkan bola dengan berdiri kangkang ke samping kiri dan kanan.
b) Latihan dengan dua orang pemain
Latihan melemparkan bola ke dalam dengan dua orang pemain caranya sebagai berikut. Dua orang pemain A dan B berdiri berhadapan. A melemparkan bola pada sasaran lingkaran di tanah, bola memantul ke arah B. B menghentikan bola dengan teknik-teknik menerima bola.

b. Bermain sepak bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi
Permainan yang dimodifikasi maksudnya adalah bermain sepak bola tetapi tidak menggunakan peraturan yang sesungguhnya. Permainan yang dimodifikasi disebut juga dengan permainan kecil (mini). Hal ini karena permainan dilakukan di dalam lapangan ukuran kecil dan dengan jumlah pemain sedikit. Jumlah yang sedikit menuntut para pemainnya bertugas ganda (rangkap), yakni bermain sebagai pemain penyerang sekaligus pemain pertahanan dan pemain tengah.

Untuk memperjelas permainan ini, marilah kita ikuti penjelasan berikut.
Permainan: 5 lawan 5 (seorang pemain bertugas sebagai penjaga gawang dalam tiap regu). Lapangan : Ukuran 20 × 30 meter atau 20 × 40 meter. Lebar gawang permulaan 7 meter, selanjutnya diperkecil menjadi 5 meter.
Peraturan permainan:
1) Seorang pemain selalu diikuti oleh seorang pemain lawan yang tetap, misalnya pemain nomor 1 dijaga oleh pemain nomor 1 lawannya, pemain nomor 2 dijaga oleh pemain nomor 2 lawannya, dan seterusnya.
2) Seorang pemain hanya boleh 3x berturut-turut menyentuh bola, dan sentuhan yang ketiga harus merupakan sentuhan terakhir berupa operan kepada teman atau tembakan ke dalam gawang. Sentuhan itu berupa menerima-kontrol-menendang.
3) Seorang pemain hanya boleh 2× menyentuh bola yaitu menerima-menendang.
4) Seorang pemain hanya boleh 1x menyentuh bola atau bola dimainkan langsung.
5) Sebelum melakukan tendangan ke dalam gawang, setiap pemain di dalam satu regu harus sudah menerima atau memainkan bola paling sedikit satu kali.
6) Jika melampaui ketentuan tersebut bola diberikan kepada lawannya.

0 Response to "Keterampilan Berlatih permainan Sepak Bola"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...