Latest News

Tekhnik jitu Membacakan Teks Pidato dengan Ucapan, Intonasi, Ekspresi Wajah dan Penekanan


Pidato merupakan penyampaian gagasan secara lisan di depan public (audiens). Pernahkah Anda melakukannya? Lalu bagaimana caranya agar bias membacakannya dengan baik sehingga pidato Anda mampu menghipnotis audiens?

Seperti yang telah dipaparkan di depan bahwa untuk menyampaikan informasi secara lisan salah satunya dapat dilakukan dengan pidato. Pidato yang akan dibicarakan pada pembelajaran ini adalah pidato dengan menggunakan metode naskah. Naskah pidato biasanya terdiri dari lima bagian, yaitu salam pembuka, pendahuluan, isi, penutup, dan salam penutup.
Bila Anda amati teks pidato (di atas), pada setiap topik terdapat kata sapaan yang bertujuan mengajak pendengar tetap memperhatikan pidato. Sapaan yang digunakan disesuaikan dengan situasi dan tata krama serta kedudukan para pendengar/audiens. Amatilah bagian pokok dan pendukung dalam naskah pidato. Selanjutnya tandailah bagian-bagian itu, terutama bagian pokoknya agar mendapat penekanan saat dibacakan.

Agar terkesan tidak monoton dan menarik perhatian audiens/pendengar, saat diminta membacakan teks pidato di depan audiens, perhatikan petunjuk berikut ini.
a. Kejelasan ucapan
Ucapan yang jelas sangat membantu pendengar dalam mengartikan maksud dan isi pidato
b. Intonasi/nada tinggi rendahnya suara
Sesuaikan suara Anda dengan besarnya ruangan. Usahakan suaramu terdengar sampai ke belakang pendengar. Tinggi rendahnya suara harus diperhatikan agar pidato tidak membosankan.
c. Ekspresi wajah
Gunakan ekspresi wajah untuk meyakinkan pidato Anda. Sesuaikanlah ekspresi wajah dengan isi pidato.
d. Penekanan terhadap kata-kata kunci. Maksudnya, Anda dapat mengulangi kata-kata yang dianggap penting atau dengan mengeraskan volume suara terhadap kata-kata kunci.

0 Response to "Tekhnik jitu Membacakan Teks Pidato dengan Ucapan, Intonasi, Ekspresi Wajah dan Penekanan"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...