Latest News

Membedakan Berbagai Ragam Bahasa dan Penggunaannya


Dalam kehidupan berbahasa, terkadang Anda bingung dihadapkan kepada penggunaan bahasa. Hal ini disebabkan selalu terbenturnya Anda pada situasi dan kondisi yang berbeda-beda sehingga mengharuskan Anda menggunakan bahasa yang berbeda pula. Perbedaan tersebut mengakibatkan timbulnya ragam bahasa, orang berupa ragam bahasa resmi dan tidak resmi, tulisan dan lisan.
Perhatikanlah perbedaan ragam bahasa tersebut dan penggunaannya.
1. Ragam bahasa resmi merupakan ragam bahasa yang digunakan dalam situasi resmi/formal seperti di sekolah, di kantor, instansi pemerintah, dalam penulisan-penulisan ilmiah, dan sebagainya.
Penggunaannya pun mengikuti aturan-aturan tertentu.
Ragam bahasa resmi dapat dibedakan menjadi:
a. Ragam bahasa tulisan;
b. Ragam bahasa lisan.

Dalam media cetak, karya-karya ilmiah, dan lain-lain, Anda akan dihadapkan pada ragam bahasa tulisan resmi. Bila Anda mendengarkan percakapan, dialog, wawancara, pidato, dan sebagainya dalam forum resmi, di sana akan dijumpai penggunaan ragam bahasa lisan.

Penggunaannya lebih sulit daripada ragam bahasa tulisan karena sebagian besar masyarakat Indonesia lebih terbiasa dengan penggunaan bahasa daerah atau bahasa pergaulan. Di sekolah terkadang seorang guru menyelipkan bahasa daerah dalam proses belajar mengajarnya, kemungkinan bertujuan mencairkan suasana yang tegang di kelas.

Perhatikan ilustrasi berikut!
a. “Sekarang kalian buka ...., pahamilah wacana tersebut dan buatlah sinopsisnya berdasarkan uraian tadi!
b. “Selamat pagi, pak!”
c. dan sebagainya
2. Ragam bahasa tidak resmi adalah ragam bahasa yang penggunaannya pada situasi nonformal/tidak resmi/santai, baik secara lisan maupun tulisan dalam kehidupan sehari-hari dalam masyarakat.

Perhatikan ilustrasi di bawah ini!
a. Bikinkan aku kopi!
b. Jangan tinggalin dia!

0 Response to "Membedakan Berbagai Ragam Bahasa dan Penggunaannya"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...