Latest News

Membaca cepat sebuah teks serta Menemukan Ide Pokok & gagasan dengan Membaca Cepat


1. Membaca Teks
Membaca adalah salah satu kegiatan yang menumbuhkan rasa keingintahuan terhadap sesuatu yang dibaca. Sebagai siswa, tentunya Anda sering dihadapkan kepada kegiatan membaca. Dengan membaca, maka informasi Anda akan bertambah dan wawasan pengetahuan semakin bertambah.

2. Menemukan Ide Pokok dengan Membaca Cepat
Pembelajaran kali ini adalah membaca cepat dengan kecepatan 300 – 350 kata per menit. Dengan kecepatan tersebut, Anda harus dapat menemukan ide pokok yang terdapat dalam bacaan. Untuk mengetahui tingkat pemahamanmu terhadap bacaan, Anda dapat menjawab pertanyaan dan menjawab minimal 75 persen pertanyaan.
Melatih kebiasaan membaca sesungguhnya harus dilatih secara terusmenerus, salah satunya dengan memberikan bacaan yang menarik dan memperhatikan hal-hal, seperti:
a. membaca dengan tidak bersuara (vokalisasi)
b. tidak membaca dengan mengeja kata-kata meskipun tidak bersuara (subvokalisasi)
c. lebih berkonsentrasi
d. tidak mengulangi kata atau kalimat yang telah dibaca
e. tidak perlu menggerakkan anggota badan terutama kepala

Kecepatan membaca (km) merupakan kecepatan mata menangkap lambang-lambang bahasa yang berupa kata. Oleh karena itu, kecepatan membaca hanya memperhitungkan jumlah kata yang dibaca dan waktu yang dibutuhkan. Sedangkan satuan untuk kecepatan membaca adalah kpm (kata per menit). Perhatikanlah cara menghitung kecepatan membaca!
Jumlah kata yang dibaca ×60=....kpm
Waktu baca (dalam satuan detik)
Perhatikanlah penerapan rumus tersebut ke dalam contoh!
Doni membaca teks yang berjumlah 5000 kata dalam waktu 10 menit (600/ detik).
Kecepatan membaca Doni adalah ................... .
5000×60= 500 kpm
600

Kecepatan membaca secara efektif atau kecepatan efektif membaca sering disebut Kecepatan Efektif (KE). Merupakan perpaduan antara kecepatan visual (mata) dan interpretasi otak (pemahaman). Rumus untuk menghitung keceptan efektif membaca adalah:
Jumlah kata yang dibaca ×60 skor yang diperoleh =... . kpm
Waktu baca (dalam detik) skor ideal

Perhatikanlah penerapan rumus tersebut pada soal!
Wati membaca teks yang berjumlah 1500 kata dalam tempo 5 menit (300 detik) Ia dapat menjawab soal-soal yang disediakan sebanyak 15 soal dari jumlah soal 20 butir. Maka kecepatan efektif membaca (KEM) Wati adalah ........... .
1500×60 15 =450 kpm
300 10
3. Menemukan Ide (Gagasan) Pokok dalam Teks
Gagasan atau ide pokok sebuah bacaan dapat diletakkan di mana saja oleh penulis. Gagasan pokok merupakan pokok pikiran dalam paragraf yang dituangkan ke dalam kalimat utama. Dalam sebuah bacaan, biasanya penulis meletakkan kalimat utama di awal bacaan/paragraf, di akhir, di awal dan di akhir paragraf.
Agar dapat menemukan ide/gagasan pokok sebuah paragraf, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut:
a. Membaca kalimat awal pada sebuah paragraf harus cermat dan teliti, barangkali ide pokok terletak di awal paragraf. Kalimat-kalimat lain yang tidak penting tidak perlu dibaca semua.
b. Bila ide pokok sudah ditemukan di awal paragraf maka kalimat tersebut Anda garis bawahi.
c. Bila Anda belum menemukan ide pokok di awal paragraf, lanjutkan pembacaan Anda sambil mencari kata kuncinya. Barangkali ide pokok terletak di akhir paragraf. Kata kunci dapat berupa kata adalah, yaitu, ialah. Dengan menemukan kata-kata kunci tersebut, secara otomatis Anda dapat menemukan kalimat utama.
Misalkan:
..........................................................................................
Cakra adalah titik-titik pusat energi yang ada di sepanjang tubuh. Jika tiap cakra telah jernih, energi dalam tubuh kita lancar. (Paras, 2005: 42)
d. Bila di awal paragraf, Anda telah menemukan ide pokoknya, jangan berhenti sampai di situ, walaupun Anda tidak perlu membaca kalimat selanjutnya. Perhatikanlah kalimat terakhir, apakah penulis memberi penegasan kembali terhadap apa yang ditulis sebelumnya. Kalau ya, berarti paragraf tersebut memiliki dua ide pokok, yaitu di awal dan di akhir paragraf.

0 Response to "Membaca cepat sebuah teks serta Menemukan Ide Pokok & gagasan dengan Membaca Cepat"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...