Latest News

Persiapan Memerankan Tokoh Drama


Pernahkan kalian memerankan tokoh dalam drama? Ada beberapa persiapan yang harus kalian lakukan sebelum memerankan tokoh dalam drama. Di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Konsentrasi, yaitu pemusatan perhatian pada berbagai aspek guna mendukung kegiatan seni perannya.
2. Kemampuan mendayagunakan emosional, yaitu kemampuan seorang pemain untuk menumbuhkan bermacam-macam bentuk emosional dengan kemampuan dan kualitas yang sama baiknya, di dalam berbagai situasi.
3. Kemampuan laku dramatik, yaitu kesanggupan pemain dalam melakukan sikap, tindakan, serta pelaku yang merupakan ekspresi dari tuntutan emosi.

Menurut Saini K.M., tokoh cerita adalah orang yang mengambil bagian dan mengalami peristiwa-peristiwa atau sebagian dari peristiwa-peristiwa yang digambarkan di dalam plot.
Sifat dan kedudukan tokoh cerita di dalam suatu karya sastra drama beraneka ragam. Ada yang bersifat penting dan digolongkan kepada tokoh penting (mayor) dan ada pula yang tidak terlalu penting dan digolongkan kepada tokoh pembantu (minor).

Dalam lakon drama, biasanya ada tokoh berwatak antagonis dan protagonis. Antagonis adalah tokoh yang berhati jahat, selalu ingin merongrong gerak langkah tokoh protagonis. Tokoh protagonist adalah tokoh yang menggerakkan cerita ke arah kebaikan, ke arah kebenaran. Selain kedua watak tersebut, ada juga yang disebut dengan tokoh tritagonis, yaitu tokoh yang memiliki sebagian watak tokoh protagonis maupun antagonis.

Melakoni tokoh-tokoh dalam drama harus dibaca keseluruhan naskah agar terlihat perwatakannya. Biasanya menentukan tokoh dilakukan melalui casting yaitu pemilihan peran oleh sutradara. Berperan dengan salah satu tokoh dalam drama harus mampu mengembangkan emosi, melafalkan ujarannya dengan benar, dan mengatur irama ujaran yang benar. Ada beberapa cara untuk memerankan tokoh dengan tepat dan menjiwai tokoh, yaitu survey ke lapangan tentang si tokoh dengan cara membandingkan karakter yang akan diperankan dengan kenyataan yang ada. Membaca buku tentang cara menggali emosi, penjiwaan, dan teknik bermain drama juga dapat dilakukan. Berlatih di alam bebas atau berlatih di depan cermin dapat dilakukan agar bisa melihat bagaimana ujaran yang keluar dengan ekspresi wajah yang terbentuk.

0 Response to "Persiapan Memerankan Tokoh Drama"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...