Latest News

Menelaah Karya Sastra Naratif


Menelaah Karya Sastra Naratif
Cerpen sebagai karya sastra dibentuk oleh unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang membentuk karya sastra, sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur luar yang memengaruhi karya sastra.Unsur intrinsik cerpen adalah tema, penokohan, plot, sudut pandang, latar, dan gaya bahasa, sedangkan unsur ekstrinsik, misalnya latar belakang penulis.

1. Tema
Tema adalah gagasan dasar cerita. Gagasan dasar inilah yang kemudian dijadikan patokan penentuan peristiwa, jalan cerita, pemilihan karakter, dan unsur-unsur lainnya. Tema suatu cerita baru dapat disimpulkan setelah pembaca selesai membaca cerita.

2. Penokohan
Penokohan atau perwatakan juga merupakan unsur intrinsik cerpen. Istilah ini merujuk pada sifat, sikap, atau watak tokoh. Di dalamnya terkandung pula pengertian siapa tokoh itu, bagaimana wataknya, dan bagaimana penggambarannya dalam cerita. Penggambaran karakter tokoh dalam cerita ada yang digambarkan secara langsung, ada pula secara tidak langsung. Penggambaran secara langsung dilakukan dengan menyebutkan dalam cerita karakter tokohnya. Perhatikan kutipan berikut.
”...ia sudah lebih dari separuh baya-sudah masuk itungan orang tua, tua umur- tetapi badannya masih muda rupanya. Bahkan, hatinya pun belum sekali-kali boleh dikatakan tua. ...” (Katak Hendak Menjadi Lembu, 1978).
Tokoh ia secara langsung digambarkan sebagai seorang separuh baya, tetapi memiliki badan yang masih terlihat muda begitu juga hati (jiwanya).
Cara penggambaran tidak langsung, antara lain dilakukan dengan teknik dramatik, artinya watak itu disimpulkan dari perilakunya dalam cerita. Teknik yang lain adalah teknik cakapan. Penulis membuat dialog atau percakapan dalam cerita. Dari caranya bersikap, berpikir, dan berbicara, karakter tokoh bisa diperkirakan. Perhatikan penggalan percakapan berikut.
”Maaf Tuan, kemarin saya tidak bisa datang. Anak saya yang kecil sakit panas dan muntah-muntah,” kata Mas Atmo memelas. ”Sudah dibawa ke dokter, Mo?” tanya Sugriwa. ”Belum, Pak. Tapi sudah saya beri obat tradisional,” jawab Mas Atmo tertunduk.
Sugriwa mengeluarkan dompet di sakunya. Ia ambil dua lembar uang pecahan lima puluh ribuan. ”Begini saja, biar saya nyetir sendiri saja. Kamu pulang saja, periksakan anakmu ke puskesmas atau ke dokter. Nih, ambil!” Kata Sugriwa sambil memasukkan uang itu ke saku Atmo.
Penggalan dialog di atas cukup untuk memberikan gambaran siapa tokoh Atmo dan siapa tokoh Sugriwa. Atmo bisa diperkirakan sebagai pembantu atau supir, sedangkan Sugriwa majikannya. Atmo memiliki sifat pemalu atau setidaknya segan kepada majikannya. Sugriwa sendiri tampak manusiawi memperlakukan Atmo. Bahkan, ia bisa disebut dermawan.

3. Latar
Latar atau setting adalah gambaran tempat, waktu, atau budaya di mana cerita itu terjadi. Dalam cerita, latar berfungsi sebagai pijakan cerita. Latar ada yang berupa latar fisik dan ada yang berupa latar sosial. Latar fisik berupa tempat dan waktu, sedangkan latar sosial bisa berwujud adat istiadat.

4. Plot (Alur/Jalan Cerita)
Plot atau jalan cerita adalah rangkaian peristiwa yang dirangkai saling bertautan. Kaitan antarperistiwa tersebut ada yang merupakan hubungan sebab akibat atau hanya sekadar urutan kronologis. Plot bisa berupa alur maju (sesuai urutan kronologis), dan alur mundur (flash back). Alur mundur terjadi ketika urutan cerita tidak sesuai urutan waktu, tetapi kembali ke masa lalu. Dalam sebuah cerpen, bisa saja kedua alur itu digunakan.

5. Sudut pandang
Sudut pandang dalam cerpen berarti pusat pengisahan, dalam arti bagaimana kedudukan narator dalam cerita. Apakah hanya berfungsi sebagai narator saja atau turut pula menjadi tokoh. Istilah yang digunakan adalah narator sebagai orang pertama (menjadi tokoh aku) atau menjadi orang ketiga.

6. Gaya bahasa
Gaya bahasa adalah cara pengarang mengungkapkan cerita. Ada pengarang yang bercerita dengan menggunakan kata-kata informal, santai, atau intim. Ada pula pengarang menggunakan gaya mengejek atau mengkritik.

0 Response to "Menelaah Karya Sastra Naratif"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...