Latest News

Menceritakan Kembali Isi Cerpen


Menceritakan Kembali Isi Cerpen
Pada umumnya cerita berisi pengenalan setting, tokoh, rangkaian peristiwa, konflik muncul, konflik memuncak, klimaks, dan penyelesaian. Oleh karena itu, teknik bercerita yang perlu kalian perhatikan adalah mulailah awal cerita dengan suara tenang.

Perubahan naik turunnya suara harus sesuai dengan suasana dalam cerita. Ketika sampai pada puncak konflik, cerita disampaikan dengan suara ditekan untuk lebih menarik perhatian. Setiap ungkapan dalam cerita harus dijiwai. Saat bercerita, baik suara maupun mimik muka hendaknya menampakkan keadaan jiwa tokoh yang diceritakan. Jika dirasa perlu, boleh dicoba teknik peniruan suara, misalnya suara anjing, hembusan angin, atau suara-suara yang sesuai dengan cerita.

Jika merasa mempunyai daya ingat yang kurang baik, kita perlu membuat catatan berupa rangkaian kronologis peristiwa-peristiwa yang akan disampaikan. Ketika menceritakan sebuah cerpen, kalian dapat menceritakan ringkasan peristiwa cerpen tersebut (sinopsisnya). Kalian juga dapat menambahkan dengan penggalan-penggalan dialog. Cara lain yang dapat dilakukan adalah menceritakan inti sari cerita.

0 Response to "Menceritakan Kembali Isi Cerpen"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...