Latest News

Tari Arak - arakan Mancanegara


Tari Arak - arakan Mancanegara
Tarian yang dilakukan dengan cara berpindah disebut tari berbentuk arak-arakan.
Di Indonesia, contoh tarian seperti itu dapat ditemukan di Cirebon yang disebut bebarang, merupakan bentuk tarian yang disajikan dengan cara berpindah tempat. Tari serupa di Jawa Timur disebut ngelawang. Adapun di daerah Priangan, tarian sosial kemasyarakatan banyak yang cara penyajiannya dilakukan sambil berjalan. Untuk tarian yang disajikan dengan cara menari berkeliling dengan cara berjalan jarak yang jauh, di Priangan disebut helaran.

Tari berbentuk arak-arakan ini di negara lain dikenal dikenal dengan sebutan pawai, parade, atau karnaval. Misalnya, pawai rutin yang diselenggarakan di USA, yaitu Parade Mardi Grass (yang berarti Selasa) di New Orleans.

Tari berbentuk arak-arakan ini menampilkan tari-tarian yang menggambarkan kebebasan ekspresi berjalan berarak, mengenakan topeng, dan kostum berwarna-warni. Pawai sejenis ada juga yang dilakukan seperti di California dan pawai bertopeng pada festival tahunan di Davis, USA.

Tari Massal Samba dari Brazil sering dipertunjukkan dalam tari arak-arakan di negaranya. Karnaval ini berupa sebuah forum ajang menyampaikan komentar sosial dan politik dari berbagai wilayah. Tari Massal Lakalaka merupakan tari populer di Tongo Asia Pasifik. Tarian ini dibawakan sebagai hari perayaan lokal tahunan.

Bangsa Indian di pedalaman Amerika atau disebut bangsa Pigmi, dan bangsa yang menari ke pedalaman Benua Afrika menari ritual dengan mengentakan kaki ke tanah menjadikannya sebagai musik internal. Setelah mengenal senjata, suara entakan kaki diganti dengan suara dari entakan tongkat ke tanah. Selama proses ritual, para keluarga berdiri melingkari penari laki-laki dengan memberikan bunyi dengan memukul dahan yang tumbang dengan tongkat atau senjata mereka.

0 Response to "Tari Arak - arakan Mancanegara"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...