Latest News

Membacakan / Mendeklamasikan Puisi


Membacakan / Mendeklamasikan Puisi
Amanat puisi adalah gagasan yang mendasari karya sastra, berupa pesan yang ingin disampaikan pengarang/penyair kepada pembaca atau pendengar. Jadi, mendengar puisi berarti berkomunikasi dengan penulis dan/atau penyair melalui puisi tersebut. Pendengar puisi yang baik akan berusaha menghayati, atau bahkan larut dalam tema/amanat puisi yang didengarnya.

Sebagai langkah awal, cobalah Anda dengarkan puisi karya Taufik Ismail yang dibacakan oleh teman Anda di depan kelas. Anda sebaiknya mendengar/menyimak pesan puisi yang dibacakan teman Anda itu. Pada saat mendengarkan, cobalah rasakan, apakah Anda dapat berkomunikasi dengan penulis dan/atau puisi tersebut. Jika ya, Anda pasti dapat mengungkapkan amanat puisi itu.

Membaca puisi bukan semata-mata menyuarakannya dengan intonasi yang diinginkan, melainkan juga harus sesuai dengan isi puisi. Itu berarti bahwa seorang pembaca puisi harus memahami atau menguasai isi dan pesan puisi yang akan dibacakannya untuk orang lain. Dengan kata lain, pembaca puisi harus memahami benar makna yang tersirat serta pemenggalan yang mendukung makna puisi secara utuh. Lebih jauh lagi, pembaca puisi dituntut kemampuannya untuk membawa atau menggiring pendengar menjadi larut dalam puisi yang dibacakannya

0 Response to "Membacakan / Mendeklamasikan Puisi"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...