Latest News

Teori Konflik Antarkelas Sosial ; Ralp Dahrendrof


Ralp Dahrendrof adalah seorang sosiolog Jerman. Ralp menerangkan tentang konflik kelas dalam masyarakat industri. Menurutnya, masyarakat senantiasa berada dalam proses perubahan yang ditandai oleh pertentangan yang terus-menerus. Secara sederhana teori Dahrendrof mengombinasikan pemikiran fungsional tentang struktur dan fungsi masyarakat dengan teori konflik antarkelas sosial.

Teori Dahrendrof terfokus pada kelompok kepentingan yang berkenaan dengan kepemimpinan, ideologi, dan komunikasi. Dahrendrof juga berusaha melakukan berbagai usaha untuk menstrukturkan konflik itu sendiri, mulai dari proses terjadinya hingga intensitas dan kaitannya dengan kekerasan. Jadi, bedanya dengan fungsional struktural jelas, bahwa Dahrendrof tidak memandang masyarakat sebagai sebuah hal yang tetap/statis, namun senantiasa berubah oleh terjadinya konflik dalam masyarakat.

Hasil pemikiran Ralp Dahrendrof antara lain Classes and Conflict in Industries Society, Stanford University Press, 1959 dan Out of Utopia: Toward an Reorientation of Sociological Analysis, American Journal of Sociology 64, 1958.

0 Response to "Teori Konflik Antarkelas Sosial ; Ralp Dahrendrof"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...