Latest News

Pengertian Mobilitas Sosial


Pengertian Mobilitas Sosial
Di dalam bahasa Indonesia, mobilitas berarti gerak (KBBI : 2001). Oleh karena itu, mobilitas sosial (social mobility) adalah suatu gerak dalam struktur sosial (social structure). Dengan kata lain, mobilitas sosial dapat diartikan sebagai gerak perpindahan dari suatu status sosial ke status sosial yang lain. Oleh karena itu, mobilitas sosial disebut juga sebagai proses perpindahan sosial atau gerak sosial.

Setiap gerak cenderung menimbulkan perubahan, baik itu perubahan posisi maupun peralihan fungsi. Contoh seorang guru yang naik jabatan menjadi kepala sekolah. Maka terjadi perubahan jenjang kepegawaian sekaligus perubahan tugas. Demikian pula, seorang karyawan yang semula mendapat gaji bulanan Rp500.000,00 kemudian pindah pekerjaan karena tawaran gaji yang lebih tinggi.

Proses tadi tidak saja terbatas pada individu-individu saja, akan tetapi juga pada kelompok-kelompok sosial. Dengan kata lain, perubahan dalam mobilitas sosial ini meliputi hubungan antarindividu dalam kelompok atau antara individu dan kelompok

0 Response to "Pengertian Mobilitas Sosial"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...