Latest News

Sistem Ekonomi Indonesia dalam usaha Pengembangan Wilayah


Sistem Ekonomi Indonesia dalam usaha Pengembangan Wilayah
Tahukah kamu sistem ekonomi apakah yang dianut dan diterapkan di Indonesia? Ya, negara kita menganut sistem ekonomi terbuka yang dinamakan sistem ekonomi Pancasila. Landasan idiil dari sistem ekonomi Pancasila adalah Pancasila dan UUD 1945. Menurut Sri Edi Swasono (1985), sistem ekonomi Pancasila merupakan dinamika penafsiran tentang pasal-pasal ekonomi dalam UUD 1945. Dalam sistem ekonomi ini, produksi diusahakan sebagai usaha bersama untuk kepentingan bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan. Sistem ekonomi Indonesia harus dilaksanakan sesuai dengan cita-cita kemerdekaan Indonesia, yaitu untuk mencapai kesejahteraan sosial dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, tanpa mengabaikan hak dan tanggung jawab global kita.

Saat ini, pemerintahan Indonesia masih berjuang untuk meneruskan cita-cita reformasi dalam membebaskan rakyat dari kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, serta berbagai belenggu yang menghambat berkembangnya kemampuan rakyat Indonesia. Usaha-usaha pemerintah untuk mengatasi permasalahan ekonomi di Indonesia, antara lain sebagai berikut.
a. Menstimulasi kehidupan ekonomi, guna mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, yang dapat menyerap tenaga kerja dan membantu mengentaskan kemiskinan.
b. Menjalankan kebijakan ekonomi terbuka, dalam rangka berintegrasi dengan ekonomi regional dan internasional dengan terus meningkatkan produktivitas serta daya saing.
c. Melakukan dialog intensif dan konstruktif dengan pelaku dunia usaha termasuk para investor yang bisa menjadi motor penggerak ekonomi.
d. Memberikan perhatian khusus pada desentralisasi dan otonomi daerah.
e. Melancarkan program pemberantasan korupsi.

Nah, dari beberapa permasalahan tersebut, langkah-langkah nyata sudah mulai diterapkan, seperti untuk menstimulasi kehidupan ekonomi, pemerintah meningkatkan investasi dengan mengadakan proyek-proyek yang menyerap banyak tenaga kerja. BUMN kembali  enggalakkan program-programnya. Masalah mengenai kebijakan ekonomi terbuka dipecahkan dengan tetap menjalin kerja sama di bidang ekonomi seperti dalam organisasi AFTA. Bahkan pemberantasan korupsi gencar dilakukan, karena hal ini juga merupakan upaya untuk mengembalikan kepercayaan terhadap pemerintah. Perhatian khusus pada ekonomi regional juga menjadi prioritas pemerintah. Hal ini diwujudkan dengan program KAPET atau Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu.

Baca juga materi => Usaha-Usaha Pengembangan Wilayah Indonesia… baca selengkapnya (klik disini)

0 Response to "Sistem Ekonomi Indonesia dalam usaha Pengembangan Wilayah"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...