Latest News

Proses Terbentuknya Bumi


Proses Terbentuknya Bumi
Bumi merupakan salah satu benda yang berada di jagat raya. Banyak teori yang mencoba mengungkapkan tentang proses terbentuknya Bumi. Bumi terbentuk dalam waktu yang lama, bahkan sampai saat ini proses tersebut masih berlangsung. Banyak hal yang belum kita ketahui tentang Bumi, baik pada perlapisan permukaan atau di dalam Bumi.

Fenomena alam yang terjadi di permukaan Bumi seperti gunung meletus dan gempa bumi menunjukkan bahwa Bumi senantiasa dinamis dengan aktivitas yang ada di dalam maupun di luar Bumi. Hal itu akan mengubah dan memproses berbagai bentuk muka Bumi yang baru. Itu semua sangat terkait dengan pergerakan lempeng tektonik yang tersusun di lapisan kerak Bumi. Dampak dari pergerakan lempeng tektonik menyebabkan terjadinya gempa bumi dan tsunami, serta terbentuknya berbagai relief muka Bumi yang beraneka macam.

Bumi bukanlah benda di jagat raya yang muncul dengan sendirinya dalam bentuk yang sempurna. Bumi terbentuk melalui proses yang panjang dan terus berkembang hingga terbentuk sekarang ini. Para ilmuwan berpendapat bahwa proses pembentukan Bumi sudah dimulai sejak bermiliar-miliar tahun yang lalu. Planet Bumi bermula dari awan raksasa yang selalu berputar di antariksa. Awan raksasa tersebut akan membentuk bola-bola yang menarik butir-butir debu dan gas. Bola-bola debu dan gas inilah awal mula terbentuknya Bumi, planet-planet, serta bulan-bulan lain.

Saat gravitasi Bumi semakin besar, gas dan debu tersebut akan termampat dan semakin lama semakin padat. Hal ini menyebabkan Bumi semakin panas dan menjadi bola berpijar. Bagian luar Bumi lambat laun mulai mendingin dan mengeras. Tetapi Bumi belum dingin sama sekali. Bagian tengah Bumi masih sangat panas. Proses pembentukan Bumi di atas hampir sama dengan pendapat Kant-Laplace yang mengemukakan bahwa Bumi ini mulai terbentuk selama bermiliar tahun yang lalu ketika dilepaskan dari matahari dalam bentuk gas pijar, yang lambat laun mendingin dan membentuk kerak batuan.

Walaupun banyak teori atau pendapat dari para ilmuwan tentang proses pembentukan Bumi, tetapi tidak seorang pun yang sungguh-sungguh mengetahui dengan pasti bagaimana dan kapan Bumi terbentuk. Ya, menjadi tantangan bagi dunia ilmu pengetahuan yang suatu saat bisa kamu pecahkan.

0 Response to "Proses Terbentuknya Bumi"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...