Latest News

Pengertian Sumber Daya Alam (SDA)


Pengertian Sumber Daya Alam (SDA)
Agar dapat bertahan hidup, manusia perlu memenuhi kebutuhannya. Agar mempunyai tenaga kita perlu makan dan minum. Supaya aman dan terlindungi dari kondisi cuaca manusia perlu rumah. Agar bisa mengembangkan diri pun manusia memerlukan benda-benda penunjang lainnya. Bahkan secara alami, manusia memerlukan udara untuk bernapas. Semua kebutuhan tersebut bisa diperoleh baik secara langsung dari alam maupun dengan mengolahnya. Jadi, agar kelangsungan hidup kita terjamin dan diri kita bisa berkembang, menjadi sangat penting memahami persebaran sumber daya alam dan mengelolanya dengan tepat.

Terlintaskah dalam benakmu mengapa butiran pasir yang dihasilkan gunung api menjadi sangat penting bagi kehidupan kita? Materi pasir yang dihasilkan gunung api merupakan salah satu sumber daya alam yang mendukung kelangsungan hidup manusia. Lihat saja ketika sebuah rumah dibangun, pasti di dalamnya membutuhkan bahan bangunan berupa pasir. Sumber daya alam tidak hanya pasir, ada juga sumber daya alam yang sempat membuat orang kalang kabut mencarinya. Apakah itu? Ya, sumber daya alam BBM (bahan bakar minyak) yang semakin langka hingga kita harus mengeluarkan biaya dan waktu lebih untuk memperolehnya. Udara yang kita hirup pun tergolong sumber daya alam.

Gunung berapi merupakan suatu potensi yang menghasilkan kekayaan alam. Melalui letusan, gunung api menghasilkan materi pasir, tetapi letusan itu sendiri sangat merugikan. Itulah keseimbangan yang terdapat di alam, alam mempunyai banyak manfaat meskipun terkadang mendatangkan bencana. Tugas kita untuk menjaga keseimbangan tersebut. Alam menyediakan kekayaan baik berupa makhluk hidup maupun benda mati yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup. Nah, kekayaan alam ini dapat berupa benda berwujud yang bisa diolah oleh manusia menjadi barang sebagai alat pemenuhan kebutuhan hidupnya. Sebaliknya, benda tidak berwujud ada yang bisa memenuhi kebutuhan hidup tanpa diolah terlebih dahulu, misalnya udara dan sinar matahari. Kekayaan inilah yang disebut sebagai sumber daya alam.

Di Bumi ini kekayaan alam tersebar dengan pola tertentu. Ada yang di setiap daerah ada, ada juga yang hanya terdapat di daerah tertentu. Tanah termasuk sumber daya alam. Mengapa? Tanah mempunyai manfaat sebagai tempat manusia hidup dan melakukan segala kegiatannya. Begitu pula dengan perairan yang menjadi tempat hidup hewan air maupun sebagai sarana lalu lintas/perhubungan. Pegunungan maupun gunung menjadi tempat berkembangnya hutan yang menjadi tempat hidup flora dan fauna.

Ada pula sumber daya alam yang terdapat di dalam Bumi (di bawah permukaan Bumi). Tahukah kamu? Di dalam perut Bumi terkandung berbagai macam mineral yang dapat digunakan manusia. Melalui kegiatan pertambangan, kekayaan tersebut dapat diambil, beraneka ragam mineral, seperti minyak bumi, batu bara, timah, dan bijih besi yang tergolong dalam bahan tambang.

Sumber daya alam ada yang jumlahnya banyak, sedikit, dan ada yang terbatas. Demikian juga penyebarannya, ada sumber daya alam yang terdapat di semua daerah (udara dan sinar matahari), ada pula yang terbatas pada daerah tertentu dengan jumlah terbatas (misalnya barang tambang seperti emas, batu bara, dan minyak bumi). Sumber daya alam ada yang tersedia di alam dengan sendirinya (hutan belantara, batu bara, tanah, udara, dan emas), namun ada pula yang sengaja diusahakan oleh manusia (perkebunan, pertanian, dan peternakan).

0 Response to "Pengertian Sumber Daya Alam (SDA)"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...