Latest News

Pengertian / Definisi Antroposfer


Pengertian / Definisi Antroposfer
Kehidupan manusia dan segala aktivitasnya di permukaan Bumi dipelajari dalam antroposfer. Manusia merupakan makhluk di Bumi yang sangat dinamis dan cepat mengalami perubahan. Untuk mengetahui perubahan tersebut diperlukan berbagai data yang terkait dengan kependudukan. Selama ini kita mengenal adanya tiga cara pengumpulan data kependudukan, yaitu sensus, survei, dan registrasi penduduk. Data yang menyangkut penduduk dengan berbagai karakteristiknya merupakan salah satu data pokok yang amat diperlukan untuk perencanaan pembangunan di segala bidang. Misalnya kebutuhan akan sandang, pangan, papan, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. Penyajian data kependudukan, selain dengan tabel juga digunakan piramida penduduk. Data yang diperoleh akan memberikan gambaran kuantitas dan kualitas penduduk di suatu wilayah.

Manusia terbukti sebagai aktor utama dalam panggung dunia. Hal ini bisa terlontar karena manusia dengan segala kelebihannya bisa lebih dinamis dibandingkan dengan makhluk hidup lain. Selain itu, manusia adalah penghuni biosfer terbanyak yang tersebar di berbagai tempat di belahan Bumi kecuali Antartika. Lingkungan hidup manusia inilah yang disebut antroposfer.

Oleh karena dinamika manusia juga, antroposfer turut berubah. Ketika manusia bertambah, mau tidak mau antroposfer berubah sesuai pola hidup manusia. Berbagai upaya manusia untuk memenuhi kebutuhannya membuat dinamika lingkungan antroposfer semakin melaju.

Secara etimologi antroposfer terdiri atas dua kata, yaitu antropo yang berarti manusia dan sphere yang berarti lapisan. Jadi antroposfer dapat diartikan sebagai lapisan kehidupan manusia yang ada di permukaan Bumi dengan segala aktivitasnya.

Antroposfer terkait dengan sumber daya manusia yang ada di permukaan Bumi. Sumber daya manusia adalah seluruh kemampuan atau potensi penduduk yang berada di dalam suatu wilayah tertentu beserta karakteristik atau ciri demografis, sosial maupun ekonominya yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembangunan. Pembahasan antroposfer menyangkut potensi atau kemampuan penduduk serta permasalahan-permasalahan yang terkait dengan penduduk seperti jumlah penduduk, kepadatan penduduk, persebaran penduduk, migrasi, dan kualitas penduduk. Untuk menjelaskan hal tersebut ditinjau dari dua aspek, yaitu aspek kuantitas dan kualitas penduduk. Untuk menjelaskan kedua aspek tersebut diperlukan data-data yang terkait dengan kependudukan.

0 Response to "Pengertian / Definisi Antroposfer"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...