Latest News

Menyibak potensi sumber daya Peternakan & Kehutanan Indonesia


Peternakan
Makan daging, telur, atau minum susu kini bukan hal mewah lagi. Kamu dapat merasakan semua itu karena ada kegiatan peternakan. Kegiatan ini bisa dilakukan karena ada daratan. Kegiatan peternakan di Indonesia sebenarnya sangat menjanjikan dan bisa menjadi peluang bagimu untuk berwirausaha. Ya, karena secara umum iklim di Indonesia sangat cocok untuk usaha pengembangan ternak.

Usaha peternakan di Indonesia dapat digolongkan menjadi tiga macam, yaitu peternakan hewan besar, peternakan hewan kecil, dan peternakan unggas. Pada peternakan hewan besar, hewan yang diusahakan adalah sapi, kerbau, dan kuda. Adapun pada peternakan hewan kecil, hewan yang diusahakan adalah domba, kambing, dan babi.

Peternakan unggas meliputi itik dan ayam. Peternakan ini hampir menyebar di seluruh Indonesia. Namun, ada daerahdaerah tertentu di mana peternakan diusahakan secara intensif. Contohnya peternakan kuda di Nusa Tenggara. Daerah ini sangat cocok untuk peternakan kuda, karena tersedia padang rumput yang sangat luas. Peternakan kerbau banyak terdapat di Sulawesi Selatan, karena konsumsi daging kerbau di provinsi ini cukup besar.

Nah, untuk meyakinkanmu cermati tabel populasi hewan ternak. Temukanlah provinsi yang mempunyai populasi masing-masing hewan ternak terbanyak, kemudian cobalah analisis faktor apakah yang mendukung perkembangannya populasi ternak di provinsi tersebut. Agar lebih akurat ada baiknya kamu periksa lagi kemutakhiran data tersebut melalui situs www.deptan.go.id.

Kehutanan
Negara kita terletak di wilayah tropis dengan curah hujan yang tinggi. Karena itulah di Indonesia terdapat hutan hujan tropis yang mempunyai kekayaan luar biasa. Mulai dari pepohonan hingga berbagai binatang yang unik terdapat di hutan hujan tropis. Selain itu, masih ada beberapa jenis hutan di Indonesia yang pernah kamu pelajari pada bab di depan.

Negara Indonesia juga dikenal sebagai negara pengekspor hasil hutan berupa kayu yang cukup besar. Ekspor kayu Indonesia mencapai lebih dari 1 juta meter kubik. Daerah-daerah mana saja di Indonesia yang banyak menghasilkan kayu?

Hutan di Indonesia menghasilkan berbagai jenis kayu, kayu jati terdapat di daerah-daerah bertanah kapur seperti di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Pulau Buton. Kayu pinus terdapat di Takengon (Aceh) dan merupakan hutan budi daya. Kayu ulin, meranti, kamper, kruing, kayu besi, kayu hitam, dan berbagai jenis kayu lain yang merupakan hasil hutan hujan tropis di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, serta Papua. Sedangkan kayu sengon ada pada hutan budi daya yang sebagian besar terdapat di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Persebaran jenis pohon kayu-kayuan dapat berbeda-beda pada tiap wilayah. Ya, karena setiap tanaman mempunyai kriteria-kriteria kesesuaian lahan untuk ditanam pada lahan tertentu.

0 Response to "Menyibak potensi sumber daya Peternakan & Kehutanan Indonesia"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...