Latest News

Kematian atau Mortalitas


Kematian atau Mortalitas
Kematian atau mortalitas adalah hilangnya tanda-tanda kehidupan manusia secara permanen. Secara otomatis, kematian akan menyebabkan jumlah penduduk berkurang. Seseorang tidak akan mengetahui kapan ia mati. Kadang kematian terjadi saat manusia masih bayi, ketika umur dewasa, atau sudah tua. Tinggi rendahnya tingkat kematian ditunjukkan oleh jumlah kematian penduduk dalam setahun. Tingkat kematian penduduk di suatu wilayah dapat dibedakan sebagai berikut.

a. Angka Kematian Kasar atau Crude Death Rate (CDR)
Angka kematian kasar (CDR) menunjukkan jumlah orang yang mati dalam setiap 1.000 penduduk di suatu wilayah. CDR dapat ditentukan dengan rumus sebagai berikut.
CDR = (D/P) x 1.000
Keterangan:
CDR = Angka kematian kasar.
D = Jumlah kematian dalam setahun.
P = Jumlah penduduk.
Angka kematian setiap wilayah tentu berbeda-beda. Demikian juga untuk setiap negara. Angka kematian kasar negara maju lebih sedikit dibanding dengan negara berkembang.

b. Angka Kematian Bayi atau Infant Mortality Rate (IMR)
Angka kematian bayi menunjukkan jumlah kematian bayi dari setiap 1.000 kelahiran. Penentuan angka kematian bayi menggunakan rumus sebagai berikut.
IMR = (D0/B) × 1.000
Keterangan:
IMR = Angka kematian bayi.
D0 = Jumlah kematian bayi yang berumur < 1 tahun.
B = Jumlah kelahiran per tahun.

c. Angka Kematian Menurut Umur atau Age Specific Death Rate (ASDR)
Angka kematian khusus (ASDR) menunjukkan jumlah kematian penduduk usia tertentu dari setiap 1.000 jiwa penduduk dalam satu tahun. Besarnya angka kematian khusus ditentukan dengan rumus sebagai berikut.
ASDRx = (Dx/Px) x 1.000
Keterangan:
ASDRx= Angka kematian kelompok umur x tahun.
Dx= Jumlah kematian penduduk kelompok umur x tahun.
Px= Jumlah penduduk yang termasuk dalam kelompok umur x tahun.

Tinggi rendahnya tingkat kematian dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat kematian.
a. Faktor pendukung kematian (promortalitas) Promortalitas merupakan faktor yang menyebabkan meningkatnya jumlah kematian. Tingginya kematian bisa saja terjadi secara natural maupun karena kurangnya perhatian pada kesehatan dan prasarana pendukungnya. Apa jadinya jika sarana dan prasarana kesehatan kurang serta kesadaran masyarakat terhadap kesehatan rendah?
b. Faktor penghambat kematian (antimortalitas)
Antimortalitas merupakan faktor yang menyebabkan rendahnya tingkat kematian. Faktor penghambat kematian bisa kamu temukan jika kamu telah menyimpulkan faktor-faktor yang mendukung kematian. Karena faktor penghambat kematian berbanding terbalik dengan pendukung kematian.

0 Response to "Kematian atau Mortalitas"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...