Latest News

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 10 Bulan

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 10 Bulan
1.    Pertumbuhan
Pada  usia 10 bulan terjadi peningkatan berat badan (BB) sebesar 250-350 gram/bulan apabila dalam pemenuhan gizi yang baik dan pertumbuhan tinggi badan sekitar 1, 5 kali tinggi badan pada saat lahir. Secara umum perkembangan bayi pada tahun pertama adalah terjadinya peningkatan beberapa organ fisik/biologis seperti ukuran panjang badan pada tahun pertama penambahan kurang lebih (25-30 cm), peningkatna jaringan subkutan, perubahan pada fontanel menutup pada usia 9-18 bulan, perubahan lingkar kepala dan lingkar dada, dimana lingkar kepala sama besar dan pada usia satu tahun terjadi perubahan.

2.    Perkembangan motorik, bahasa dan adaptasi sosial
Pada perkembangan motorik kasar dapat terjadi diawali dengan duduk tanpa pegangan, berdiri dengan pegangan, bangkit terus berdiri, berdiri 2 detik dan berdiri sendiri. Kemudian pada motorik halus mencari atau meraih benda kecil, bila diberi kubus mampu memindahkannya, mampu mengambilnya dan memegang dengan jari dan ibu jari, membenturkannya dan mampu menaruh benda atau kubus ketempatnya.
    Pada perkembangan bahasa mulai mampu mengatakan papa mama yang belum spesifik, mengoceh hingga mengatakan dengan spesifik, dapat mengucapkan 1-2 kata, sedangkan perkembangan adaptasi sosial dimulai kemampuan unutk bertepuk tangan, menyatakan keinginan, sudah mulai minum dengan cangkir, menirukan kegiatan orang, main-main bola atau lainnya dengan orang.

0 Response to "Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 10 Bulan"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...