Latest News

anatomi fisiologi Rongga Abdomen & struktur fungsinya

Abdomen terdapat di antara thorax dan pelvis. Cavasitas abdominalis  di batasi oleh dinding abdomen, terpisah dari cavitas thoracis oleh diafragma, bagian atasnya terlindung oleh sangkar dada, ke arah kaudal bersinambungan dengan cavitas pelvis.
Untuk memberi gambaran tentang lokasi suatu organ abdominal atau penyebaran rasa nyeri, cavitas abdominis biasanya di bedakan menjadi 4 kuadran yang di batasi oleh 2 bidang yakni 1 bidang horizontal dan 1 bidang vertikal.
Dinding abdomen ventrolateral di batasi ke arah kranial oleh cartilangines VII-XII dan processus xiphoideusnya, dan ke arah kaudal oleh ligamentum inguinal dan tulang-tulang pelvis. Dinding ini terdiri dari kulit, jaringan ikat subkutis, otot, fascia, dan protoeum.

a.    Fascia Dinding Abdomen Ventrolateral
Fascia superficialis ( jaringan ikat subkutis) pada hampir seluruh luas dinding ventrolateral terdiri dari suatu lapisan dengan kandungan lemak yang berbeda-beda. Pada bagian kaudal dinding abdomen Ventrolateral fascia superficialis dapt di bedakan menjadi 2 lembar, yaitu superfisialis dengan banyak jaringan lemak dan lembar profunda berupa selaput.

b.    Otot dinding abdomen Ventrolateral
Pada dinding abdomen ventrolatral terdapat 4 otot yang penting. Tiga otot pipih (musculus obliqus externus abdominis, musculus obliqus internus abdominis dan musculus transversus abdominis), dan satu otot vertikal yang mirip ambin ( musculus rectus abdominis).

c.    Saraf dinding abdomen Ventrolateral
Kulit dan otot dinding abdomen ventrolateral terutama di persarafi oleh nervus intercostalis torakoabdominal yang di bentuk oleh cabang ventral ke 6 saraf torakal paling kaudal (T7-T11) dan oleh nervus subcotalis (T12) dexter dan nervus subcotalis (T 12) sinister.

d.    Pembuluh dinding abdomen ventolateral
Arteri dan vena dinding abdomen ventrolateral ialah pembuluh epigastrica superior dari pembuluh cireumflexa iliaca profunda dari pembuluh iliaca externa.

e.    Permukaan dalam dinding abdomen ventolateral
Permukaan ini di lapisi peritoneum parietal. Bagian intra umbilical dinding tersebut memperlihatkan beberapa lipatan peritoneum, antaranya lipatan berisi sisa pembuluh-pembuluh yang mengantar darah ke dan dari janin.

0 Response to "anatomi fisiologi Rongga Abdomen & struktur fungsinya"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...