Latest News

Kelainan, Penyakit, dan gangguan pada sistem kekebalan tubuh

Manusia hanya bisa hidup dengan sistem imun. Apabila sistem imun bekerja tidak normal atau mengalami gangguan, seseorang akan dapat bertahan hidup bila berada di lingkungan yang steril atau bebas dari kuman penyakit atau diberikan sistem imun dengan suntikan sel-sel sumsum tulang dari donor yang sehat. Kelainan yang terjadi pada sistem kekebalan, antara lain sebagai berikut.

Autoimunitas
Autoimunitas merupakan penyakit yang menyebabkan tubuh mengembangkan antibodi pada antigennya sendiri. Macam antoimunitas adalah artitis reumatik, anemia pernisiosa dan penyakit adison.

AIDS (acquired immuno defisiency syndrome)
AIDS merupakan penyakit yang disebabkan karena virus HIV (Human Immunodefisiency virus). Penyakit ini sampai sekarang merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat, karena belum ditemukan obatnya. HIV menyerang pada sistem kekebalan manusia. Apabila seseorang telah terinfeksi HIV, maka daya kebalnya akan turun drastis, dalam jangka waktu tertentu ia akan kehilangan daya tahan. Apabila sudah demikian maka tubuhnya mudah sekali terinfeksi oleh kuman penyakit yang lain. Masa inkubasi adalah masa masuknya virus sampai virus berkembang biak, sekitar 0-6 bulan. Masa infeksi adalah masa perkembangbiakan virus sampai timbul gejala adalah 2 - 5 tahun.
Gejala yang menyertai penyakit AIDS, antara lain berat badan semakin menurun, sering terkena flu dalam waktu lama, kekebalan tubuh menurun dan akhirnya hilang sama sekali, orang dalam kondisi yang sangat lemah. Penyakit AIDS dapat menular. Penyebaran virus ini dapat melalui perantara penggunaan jarum suntik, franfusi darah, dan hubungan seksual. Untuk mencegah tertularnya penyakit yang mematikan ini pemerintah banyak memberikan penyuluhan dan monitoring, terutama pada kawula muda untuk menghindarkan diri dari hal-hal yang dapat menjadikan penyebab tertularnya penyakit AIDS.

0 Response to "Kelainan, Penyakit, dan gangguan pada sistem kekebalan tubuh"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...