September 14, 2011

Teknik Wawancara / interview dalam Penggalian Data Penelitian Etnografi

Penelitian etnografi yang menggunakan metode kualitatif memiliki banyak teknik dalam penggalian data. Teknik-teknik ini yang dipakai secara lazim dalam metode penelitian etnografi secara kualitatif.

Teknik Wawancara
Teknik wawancara atau interview dipakai untuk memperoleh data atau keterangan lebih jauh selain data-data yang diperoleh melalui data observasi. Oleh sebab itu, untuk memperoleh tanggapan yang dikehendaki, wawancara harus dilakukan dengan teknik-teknik tertentu. Hal ini dimaksudkan agar hasil penelitian diperoleh berdasarkan data dan fakta yang akurat yang bersifat kualitatif.
Metode wawancara dilaksanakan melalui dua cara, yaitu wawancara berencana dan tanpa rencana.
1) Wawancara Berencana
Wawancara berencana dilaksanakan melalui teknik-teknik tertentu. Teknik tersebut antara lain menyusun sejumlah pertanyaan sedemikian rupa dalam bentuk questioner atau angket.
2) Wawancara Tanpa Rencana
Wawancara tanpa rencana, seperti yang digunakan dalam teknik questioner atau angket, dilaksanakan untuk memperoleh tanggapan yang cukup luas menyangkut aspek-aspek kejiwaan yang sangat dalam. Misalnya, wawancara untuk memperoleh tanggapan tentang pandangan hidup atau sistem keyakinan dan keagamaan.

Dipandang dari bentuk pertanyaan, kedua wawancara tersebut di atas dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut.
1. Wawancara tertutup
Wawancara tertutup terdiri dari pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya sangat terbatas

2. Wawancara terbuka
Wawancara terbuka adalah lawan dari wawancara tertutup. Jawaban pertanyaannya dapat berupa keterangan-keterangan atau cerita-cerita yang lebih luas. Dalam melaksanakan metode wawancara atau interview terdapat tiga hal penting yang perlu diperhatikan. Ketiga hal tersebut adalah teknik bertanya dalam wawancara, persiapan wawancara, dan pencatatan data selama wawancara berlangsung. Ketiganya harus dilaksanakan secara berurutan agar mendapatkan data yang benar-benar tinggi validitasnya, Teknik wawancara adalah teknik pokok dalam penggalian data pada penelitian etnografi. 

Data-data yang diperoleh dari teknik wawancara ini adalah data primer, yaitu data yang dijadikan sebagai landasan analisis dari penelitian. Disamping itu, teknik wawancara dapat mengungkap kebenaran secara sempurna. Dimana dengan proses wawancara peneliti benar-benar bisa mengetahui apa yang terjadi sebenarnya dalam kajian yang diteliti. Peneliti juga dapat mengenal apa yang disembunyikan oleh masyarakat secara mendalam dan secara mendetail. Maka data yang didapat benar-benar menunjang keberhasilan penelitian.

Teknik wawancara ini harus dilaksanakan dengan baik. Semaksimal mungkin tidak menyinggung perasaan dalam proses wawancara. Pertanyaanpertanyaan yang dilancarkan oleh peneliti harus sopan dan tidak mengandung unsur-unsur memojokan dan menyinggung perasaan nara sumber. Wawancara yang dilakukan harus benar-benar netral.

Apa Komentar anda tentang materi di Atas...

Artikel yang berkaitan :

Comments
0 Comments

0 comments: