September 14, 2011

Penyusunan Penulisan Makalah dan Artikel dalam penelitian


Penyusunan makalah dan artikel dalam penelitian bertujuan untuk mengunkapkan hasil penelitian secara sederhana. Format penulisan makalah lebih sederhana dibanding dengan kerangka penulisan laporan penelitian dan artikel juga lebih sederhana dari penulisan makalah karena hanya berupa wacana masalah dalam penelitian. Menurut Schuman yang dikutip dari buku Prof. Dr. Lexy J. Moleong, M.A bahwa penulisan karya ilmiah atau makalah pada dasarnya adalah untuk menemukan sesuatu yang baru dalam ilmu pengetahuan. Temuan demikian hendaknya sesuatu yang sangat fundamental, sehingga dapatlah menyakinkan komunitas ilmiah umumnya.Penulisan makalah harus berisikan materi-materi yang menarik walaupun dibatasi dengan permasalahan yang ada. 
 
Perlu diketahui bahwa para ilmuwan antropologi pada umumnya berpandangan bahwa karya tulis berupa makalah justru bersumber pada hasil penelitian. Namun, makalah dipandang sederhana sehingga para peneliti merasa nanti hasil dari kerja keras penelitian sangat tidak berbobot. bagi anak SMA format yang cocok dalam penyususun laporan berupa makalah atau artikel. Faktor mudah dalam penyusunan dan juga tidak perlu mengungkapkan panjang lebar dari hasil penelitian. Disamping itu, penulisan makalah dan artikel memang bisa juga sebagai pelatihan penulisan karya ilmiah yang nantinya untuk dicoba di masukan ke media massa.

Bentuk penulisan makalah dan artikel bisa berupa hasil kajian kepustakaan atau masalah budaya yang terjadi di masyarakat. Analisis yang digunakan secara kritis dengan memenuhi persyaratan dan kriteria penulisan karya tulis ilmiah dapatlah dikategorikan sebagai karya ilmiah pada umumnya. Oleh karena, makalah yang ditulis harus memilki objektifitas masalah yang ditulisnnya dan juga harus menyertakan landasan teori yang relevan.

Suatu makalah yang baik harus memiliki dua tujuan yaitu pertama, harus secara lengkap dan jelas menguraikan prosedur yang diikuti dan hasil yang diperoleh; Kedua, harus menempatkan hasil dalam suatu prespektif dengan jalan mengkaitkannya dengan keadaan perkembangan ilmu sekarang dan dengan jalan menginteprestasikan signifikannya dengan studi lebih lanjut. Dalam penulisan ilmiah yang baik harus mengikuti hal-hal berikut ini:
a. Mengikhtiarkan keadaan perkembangan ilmu pengetahuan pada umumnya dan suatu topik umum.
b. Mengaitkan pekerjaan penelitian dengan tubuh pengetahuan dalam topik.
c. Menyertakan hipotesis kritis ke arah mana tujuan yang diteliti.
d. Menginteprestasikan hasil studi itu dengan hipotesis dan dengan keadaan perkembangan ilmu pengetahuan.
e. Mengidentifikasikan pertanyaan-pertanyaan penelitian dan kelemahan prosedural yang perlu dipersoalkan dikemudian hari. format penulisan makalah harus sistematis dan tidak boleh terlalu meluas.
Ada pembatasan masalah dalam pengkajiannya. Bahasa yang digunakan harus komunikatif dan ekonomis. Penjelasan dibuat secara sederhana tetapi harus tepat. Tidak boleh mendeskripsikan salah satu budaya tertentu. Dibuat sebagai bentuk wacana untuk memberikan pengetahuan dan jika mungkin memberikan solusi. Adapun Format makalah adalah sebagai beikut.
A. Pendahuluan
1. Berisi latar belakang penelitian atau masalah.
2. Rumusan masalah
3. Tujuan penelitian
4. Metode penelitian
B. Pembahasan
1. Berisi deskripsi lokasi penelitian
2. Pembahasan Penelitian
C. Penutup
1. Kesimpulan
2. Saran
D. Daftar Pustaka

Apa Komentar anda tentang materi di Atas...

Artikel yang berkaitan :

Comments
0 Comments

0 comments: