Latest News

gangguan, penyakit dan KELAINAN PADA OTOT

Otot pun dapat mengalami kelainan. Beberapa kelainan yang terjadi pada otot adalah sebagai berikut.

NO
Jenis kelainan otot
KETERANGAN
1




2



3





4




5



 

6


7



8
Tetanus




Kram



Hipertropi otot





Atrofi otot



 
Stiff (kaku leher)



 

Hernia abdominal


Fibriosis



Distrofi otot

Kondisi otot yang mengalami kejang terus menerus. Penyebab penyakit ini karena infeksi bakteri lostridium tetani. Ketika terjadi luka, bakteri ini bisa masuk melewati luka yang terbuka tersebut.

Otot berada dalam keadaan kejang. Keadaan ini antara lain disebabkan karena terlalu lamanya aktivitas otot secara terus menerus.

Suatu keadaan otot yang lebih besar dan lebih kuat. Hal ini disebabkan karena otot sering dilatih bekerja dan berolahraga. Hipertrofi otot ini sering dimiliki oleh atlet binaragawan. Coba perhatikan otot yang dimiliki atlet binaragawan!

Keadaan otot yang lebih kecil dan lemah kontraksinya. Kelainan ini  isebabkan karena infeksi virus polio.  emulihannya dengan pemberian latihan otot,  emberian stimulant listrik, atau dipijat dengan teknik tertentu.

Keadaan meradangnya otot trapesius. Hal ini disebabkan karena gerak hentakan secara tiba-tiba sehingga otot menjadi tertarik secara tiba-tiba. Selain itu, stress yang berat akan membuat kejang otot leher dan punggung. Rasa sakit itu akan hilang jika stress sudah hilang.

Kondisi usus melorot ke bawah, disebabkan oleh sobeknya dinding otot perut.

Pembentukan jaringan ikat fibrosa. Sel-sel otot skelet ataupun alat jantung yang mati karena suatu sebab akan diganti oleh jaringan ikat karena sel-sel otot ini tidak mampu beregenerasi, sehingga otot-otot ini akan melemah.

Distrofi otot merupakan penyakit kronis pada otot sejak anak-anak, diperkirakan merupakan penyakit genetis (bawaan).


Uraian tersebut merupakan kelainan yang terjadi pada otot. Dengan penjelasan tersebut, kita dapat memberikan usaha preventif untuk menjaga kesehatan otot dan mengantisipasi jika terjadi kelainan pada otot. Usaha-usaha tersebut antara lain:
1. latihan otot dapat membuat otot menjadi kuat, sehingga dapat terhindar dari atrofi otot;
2. melakukan olahraga secara teratur;
3. aktivitas yang banyak menyebabkan otot lelah sehingga dapat mengakibatkan kram otot, untuk itu kita dapat mengatur aktivitas supaya tidak terjadi gangguan otot;
4. hindarilah stres berat dengan pola hidup yang benar.

Pada kasus sakit tulang punggung, sekitar 90-95% disebabkan karena penatnya otot-otot tulang punggung atau tersentaknya otot tersebut dengan tibatiba.

0 Response to "gangguan, penyakit dan KELAINAN PADA OTOT"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...