Latest News

Apa itu ORGAN ? & Pengertian SISTEM ORGAN


Apa itu ORGAN ?
Tubuh kita terdiri atas berbagai macam bagian-bagian yang mempunyai fungsi dan tugas berbeda-beda, antara lain mulut, hidung, kulit yang merupakan bagian-bagian luar, sedangkan bagian dalam yaitu jantung, paruparu, hati, ginjal, dan lain-lain. Semua bagian-bagian tersebut dinamakan organ. Jadi, apakah yang dimaksud organ?

Jika dilihat dari hierarkinya, organ merupakan kumpulan dari berbagai jaringan yang bekerja sama menjalankan satu fungsi yang sama. Misalnya, usus, merupakan organ dalam yang tersusun dari berbagai macam jaringan, antara lain jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, dan saraf. Jaringanjaringan tersebut bekerja sama dalam rangka menjalankan fungsi usus sebagai alat penyerapan.




Pengertian SISTEM ORGAN
Di dalam tubuh kita berlangsung proses-proses metabolisme, baik katabolisme maupun anabolisme. Proses-proses tersebut berlangsung terkoordinir dan dilakukan oleh serangkaian organ-organ tubuh. Misalnya, saat Anda melakukan aktivitas makan. Coba sebutkan organ-organ yang terlibat untuk menjalankan aktivitas tersebut! Tentu saja perlakuan pertama mulut, diteruskan ke kerongkongan, kemudian lambung, usus halus, usus besar, dan terakhir anus.
Proses-proses tersebut dilaksanakan oleh beberapa organ untuk menjalankan fungsi, yaitu pencernaan. Inilah yang disebut dengan sistem organ. Jadi apakah yang dimaksud sistem organ? Sistem organ merupakan kumpulan dari berbagai organ yang bekerja sama untuk melakukan suatu fungsi tertentu. Sistem organ selanjutnya akan membentuk individu. Ada beberapa sistem organ dalam tubuh manusia antara lain, sistem organ pencernaan, respirasi, reproduksi, sirkulasi, gerak, ekskresi, saraf, peredaran darah, dan lain-lain.

NO
Sistem
Organ
Fungsi
1.





2.



3.

 

4.





 


5.


 


6.





7.
Sistem pencernaan





Sistem pernapasan



Sistem gerak


 
Sistem transportasi







 
Sistem ekskresi


 


Sistem saraf





Sistem reproduksi
Mulut, faring, eksofagus,
lambung, usus, hati, kantong
empedu, dan pankreas.


Hidung, faring, laring,
trakea, brokus, paru-paru.

Tulang, otot



Jantung, arteri, vena, kapiler,
pembuluh limfatik,
kelenjar limfa.



 

Paru-paru, ginjal, kulit dan
Hati



 
Otak, serabut saraf, simpul
saraf, medula spinalis, medula
oblongata.

Testes, ovarium

Mencerna makanan, mengabsorbsi
molekul-molekul
makanan yang sudah disederhanakan.
 
Pertukaran gas (oksigen dan
karbon dioksida).

Menyokong dan melindungi
organ dalam

Mengangkut oksigen dan sari makanan ke seluruh selsel tubuh dan mengangkut zat hasil metabolisme yang tidak berguna keluar darisel-sel tubuh, serta melindungi tubuh dari penyakit.

Mengeluarkan sisa metabolisme dari dalam tubuh dan menjaga  eseimbangan sel dengan lingkungannya.

Menerima dan merespon
rangsang dari lingkungannya.


Perkembangbiakan.


0 Response to "Apa itu ORGAN ? & Pengertian SISTEM ORGAN"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...