August 25, 2011

Pertumbuhan Ekonomi di Negara Maju dan Negara Berkembang


Kita mengira bahwa pertumbuhan ekonomi di negara maju pasti lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi di negara berkembang.  Karena, di negara maju perekonomian sudah stabil dan hampir semua sumber daya sudah digunakan secara optimal. Berbeda dengan negara berkembang, sesuai dengan namanya (berkembang), negara-negara ini masih mungkin untuk terus berkembang, karena masih banyak sumber daya yang belum dikelola secara optimal. Jika sumber-sumber daya yang masih potensial tersebut dikelola dengan baik maka bisa menambah peningkatan PDB dengan mencolok. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi di negara berkembang menjadi lebih tinggi dibanding negara-negara maju. Alasan lain mengapa pertumbuhan ekonomi di negara berkembang lebih tinggi dibanding negara maju yaitu karena pertumbuhan ekonomi diukur dengan menggunakan rumus:

(PDB / PDBto) x 100%

Sehingga, pertumbuhan ekonomi hanya melihat berapa besar tambahan PDB suatu tahun dibanding PDB tahun sebelumnya. Rumus pertumbuhan ekonomi tidak mempersoalkan berapa besar nilai PDB suatu negara yang akan dihitung pertumbuhan ekonominya. Akibatnya, walaupun nilai PDB di negara maju tinggi sedangkan nilai PDB di negara berkembang rendah, tetapi bila dihitung tingkat pertumbuhan ekonominya, sering kali pertumbuhan ekonomi di negara maju lebih rendah dibanding negara berkembang.

Jawabannya sederhana, karena tingkat pertumbuhan ekonomi yang dicapai suatu negara tidak bisa digunakan untuk mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat. Untuk mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat di suatu negara lebih tepat jika menggunakan tingkat pendapatan per kapita, yang salah satunya menggunakan rumus sebagai berikut:

Pendapatan per kapita = PDB tahun x / Jumlah penduduk tahun x

Pada umumnya, di negara maju pendapatan per kapita jauh lebih tinggi dibanding di negara berkembang. Karena, PDB yang dicapai juga jauh lebih tinggi, sementara jumlah penduduk di negara-negara maju umumnya tidak terlalu besar.

Apa Komentar anda tentang materi di Atas...

Artikel yang berkaitan :

Comments
0 Comments

0 comments: