Latest News

Pengertian Pembangunan Ekonomi dan Perbedaannya dengan Pertumbuhan Ekonomi

Pembangunan ekonomi memiliki arti yang berbeda dengan pertumbuhan ekonomi. Pembangunan ekonomi mencakup hal-hal yang lebih luas dibanding pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi bisa diartikan sebagai suatu keadaan perekonomian yang menunjukkan adanya kenaikan PDB (Produk Domestik Bruto) tanpa memandang apakah persentase kenaikan PDB tersebut lebih besar atau lebih kecil dibanding persentase kenaikan jumlah penduduk. Pengertian PDB sendiri adalah jumlah nilai barang dan jasa yang dihasilkan seluruh masyarakat di suatu negara selama satu tahun. Jadi, pertumbuhan ekonomi lebih difokuskan pada kenaikan jumlah PDB. Secara sederhana, suatu negara dikatakan telah mengalami pertumbuhan ekonomi bila jumlah PDB tahun sekarang lebih besar dibanding PDB tahun sebelumnya.

Walaupun suatu negara telah mengalami pertumbuhan ekonomi, belum tentu negara tersebut telah mengalami pembangunan ekonomi. Karena, pembangunan ekonomi mencakup hal yang lebih luas dibanding pertumbuhan ekonomi. Pembangunan ekonomi bisa diartikan sebagai proses yang bertujuan menaikkan pendapatan per kapita untuk jangka waktu yang panjang dan disertai adanya perubahan struktur ekonomi dan perkembangan IPTEK. Pendapatan per kapita diperoleh dengan rumus sebagai berikut:

Pendapatan per kapita = PDB tahun x / Jumlah penduduk tahun x

Karena pembangunan ekonomi bertujuan menaikkan pendapat per kapita, itu berarti pembangunan ekonomi tidak hanya menekankan pentingnya kenaikan PDB, tetapi juga memerhatikan apakah persentase kenaikan PDB lebih besar atau lebih kecil dibanding persentase kenaikan jumlah penduduk. Apabila persentase kenaikan PDB lebih kecil dibanding persentase kenaikan jumlah penduduk maka pendapatan per kapita akan turun. Dan, itu berarti pembangunan ekonomi yang dilaksanakan belum berhasil. Untuk mempermudah pemahaman, perhatikan tabel berikut yang menunjukkan ilustrasi kenaikan PDB dengan angka-angka yang disederhanakan.

Perbedaan pertumbuhan ekonomi dengan pembangunan ekonomi

a.       Pertumbuhan ekonomi
1)      Hanya menekankan pada kenaikan PDB

2)      Tidak memerhatikan apakah persentase kenaikan PDB lebih besar atau lebih kecil dibanding persentase kenaikan jumlah penduduk

3)      Tidak memerhatikan apakah kenaikan PDB diikuti atau tidak oleh perubahan ekonomi dan kemajuan IPTEK.

4)      Tidak memerhatikan apakah kenaikan PDB diikuti atau tidak oleh peningkatan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

b.      Pembangunan Ekonomi
1)      Tidak hanya menekankan pada kenaikan PDB

2)      Memerhatikan apakah persentase kenaikan PDB lebih besar atau lebih kecil dibanding persentase kenaikan jumlah penduduk.

3)      Memerhatikan apakah kenaikan PDB diikuti atau tidak oleh perubahan struktur ekonomi dan kemajuan IPTEK. Struktur ekonomi berubah dari tradisional ke modern, dari modern menjadi lebih modern, atau dari agraris ke industri dan perdagangan.

4)      Memerhatikan apakah kenaikan PDB diikuti atau tidak oleh peningkatan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat

0 Response to "Pengertian Pembangunan Ekonomi dan Perbedaannya dengan Pertumbuhan Ekonomi"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...