Surat lamaran pekerjaan
merupakan jenis surat permohonan yang isinya menyatakan hendak melamar
pekerjaan atau memeroleh suatu jabatan tertentu. Surat itu dibutuhkan jika Anda
hendak melamar pekerjaan pada sebuah instansi atau perusahaan.
Lowongan pekerjaan biasanya
dapat diperoleh melalui iklan pada surat kabar atau dengan inisiatif sendiri,
tidak menutup kemungkinan informasi diperoleh sesaat dari seorang teman. Surat
lamaran pekerjaan ini tergolong ke dalam bahasa dan bentuk surat resmi.
Sebelum menyusun surat
lamaran, Anda harus mengenali unsur-unsur dalam surat tersebut. Perhatikanlah
unsur-unsur berikut ini!
a. Tempat dan tanggal
pembuatan surat, hal tersebut dibuat sesuai dengan saat menulis surat;
b. Lampiran, diletakkan
terpisah dengan surat lamaran pekerjaan yang dapat berupa fotokopi ijazah
terakhir, Surat Keterangan Berkelakuan Baik, dan lain-lain;
c. Hal, merupakan perihal
melamar pekerjaan;
d. Alamat yang dituju, alamat
tempat Anda ingin melamar pekerjaan;
e. Salam pembuka, bentuknya
bermacam-macam, seperti dengan hormat, Assalamu’alaikum wr. wb. Dalam surat
lamaran pekerjaan dapat ditulis dengan hormat;
f. Isi, terdiri dari:
1) alasan melamar, merupakan
latar belakang penulis melamar pekerjaan;
2) identitas pelamar (data
pribadi, pendidikan, riwayat pengalaman);
3) penutup;
g. Salam penutup, merupakan salam
terakhir penulis surat lamaran pekerjaan terhadap instansi/perusahaan yang
dapat berupa Wassalamu’alaikum wr.
wb.
h. Tanda tangan pelamar.
i. Nama terang pelamar.
0 Response to "Unsur-unsur Surat Lamaran Pekerjaan"