berbagai pola pengembangan
paragraf dengan kegiatan membaca intensif. Membaca intensif adalah kegiatan
membaca dengan penuh pemahaman. Pada kegiatan ini, pahamilah paragraf/teks yang
berpola induktif. Mulailah dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa khusus untuk
ditarik kesimpulan secara umum yang mencakup semua peristiwa khusus di atas.
pola pengembangan paragraf secara
induktif sebagai berikut! :
a. Generalisasi
Dari peristiwa-peristiwa yang khusus,
Anda dapat menarik kesimpulan secara umum.
Coba Anda perhatikan ilustrasi berikut!
Besi adalah sejenis logam, bila
dipanaskan akan memuai. Platina adalah sejenis logam, bila dipanaskan akan
memuai. Timah adalah sejenis logam, bila dipanaskan akan memuai. Seng adalah
sejenis logam, bila dipanaskan akan memuai. Dari peristiwa-peristiwa itu dapat
ditarik kesimpulan bahwa semua logam bila dipanaskan akan memuai.
Sumber: E. Kosasih, 2003
b. Analog
Dengan membandingkan dua hal yang
memiliki banyak persamaan, Anda dapat menarik kesimpulan bahwa pada
segi-seginya yang lain pun terdapat persamaan juga.
Perhatikan paragraf berikut ini!
Sebuah pabrik konveksi mencoba
memproduksi jenis baju yang lain dari biasanya, yakni baju wanita dengan kerah
membentuk seperti baju muslim (laki-laki), lengan tiga perempat panjangnya dan
ada belahan di sisi kanan kiri baju serta bagian depan dihiasi payet untuk
memberi kesan unik. Baju ini dijual dengan harga mahal dengan sasaran konsumen masyarakat
Bandung, Jakarta, dan Medan. Ternyata, baju ini laku keras, sehingga pabrik
tersebut mempunyai keuntungan besar. Berdasarkan pengalaman ini, pengusaha
pabrik konveksi ingin mengembangkan di kotakota besar lainnya seperti Surabaya,
Semarang, Ujung Pandang. Karena dia berkesimpulan produknya pasti akan laku
keras.
c. Hubungan Sebab-Akibat
Dari peristiwa-peristiwa yang menjadi
sebab, dapat ditarik kesimpulan yang menjadi akibat.
Cobalah pahami ilustrasi berikut ini!
Siswa B berasal dari keluarga miskin
tetapi ia bercita-cita ingin menjadi seorang dokter. Sejak kelas 1 SMU ia tekun
belajar. Dengan cara apapun ia melengkapi semua buku pelajaran. Hampir setiap
hari ia bergelut dengan buku-buku di perpustakaan sekolah, sehingga informasi apapun
hampir tidak pernah terlewatkan.
Tiap malam pun tidak ia belajarwalaupun
keesokan harinya tidak ada ulangan. Tekadnya adalah menyi-sihkan
teman-temannya. Ternyata kerja kerasnya selama ini hampir membuahkan hasil. Ia
lulus dengan peringkat pertama dan ia diterima di UGM Fakultas Kedokteran sesuai
dengan apa yang selama ini menjadi cita-citanya.
d. Hubungan Akibat-Sebab
Dengan memahami peristiwa-peristiwa yang
menjadi akibat, Anda dapat menyimpulkan penyebabnya.
Pahamilah paragraf berikut ini!
Beberapa pohon tanaman hias di halaman
rumah tidak mau berbunga seperti tanaman sejenis lainnya. Tanaman tersebut tiap
hari disiram dan selalu diberi pupuk. Apa sebabnya? Ternyata tanaman
tersebut tidak mendapat sinar matahari karena terhalang oleh pohon kayu besar yang
ditanam di pinggir jalan raya.
e. Hubungan Sebab, Akibat, Akibat-Akibat
Dari peristiwa-peristiwa yang terdapat
di dalam teks dapat ditarik kesimpulan akibat-akibat yang ditimbulkannya.
Perhatikanlah ilustrasi di bawah ini!
Sekitar tahun 1998 negara kita mengalami
krisis moneter. Hal ini terjadi karena nilai tukar rupiah merosot. Akibat
kejadian tersebut, ekonomi menjadi tidak stabil. Ketidakstabilan tersebut menimbulkan
dampak pengangguran yang meluas sehingga kejahatan pun merajalela.
0 Response to "pola pengembangan paragraf induktif & Ciri-ciri Teks Induktif"