Latest News

Unsur-unsur Budaya dan Penyebaran Bahasa Lokal


Indonesia adalah negara kepulauan yang terbentang dan dipisahkan oleh laut. Akibatnya masyarakatnya memiliki kharakter kebudayaan yang berbeda-beda. Kebudayaan yang beraneka ragam tumbuh dan berkembang membentuk suatu sistem kebudayaan yang unsur-unsurnya terdiri dari :
1. Bahasa.
2. Sistem pengetahuan.
3. Organisasi sosial.
4. Sistem peralatan hidup dan teknologi.
5. Sistem mata pencaharian hidup
6. Sistem religi
7. Kesenian

Ketujuh unsur ini berbeda antara daerah satu dengan daerah lainnya. Unsur-unsur kebudayaan yang dimiliki dipengaruhi oleh kondisi daerah yang di tinggalinya. Misalnya di daerah Indonesia timur memiliki bahasa yang kentara dengan tradisinya dan sistem organisasi yang masih bersifat kolektif. Dengan demikian perbedaan bahasa juga tergantung dari letak daerah dan kondisi daerah.

Bahasa adalah suatu sistem bunyi, yang kalau digabungkan menurut aturan tertentu menimbulkan arti, yang dapat ditangkap oleh semua orang yang berbicara dalam bahasa itu ( William A Haviland). Sedangkan bahasa daerah adalah bahasa lokal yang dipakai untuk berkomunikasi di daerah dan tidak di integrasikan dalam lingkup nasional. Bahasa daerah ini yang menjadi bahasa komunikasi sehari-hari bagi masyarakat. Disamping itu bahasa lokal juga ditentukan dan dipengaruhi oleh kebudayaan khusus.Pengaruh budaya mendasari bentuk logat bahasa daerah. Kondisi Indonesia yang berkepulauan dan memilki perbedaan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam menyebabkan adanya pergerakan sosial.

Masyarakat Indonesia bergerak dari daerahnya ke daerah lain untuk mempertahankan hidupnya maupun mengubah kondisi hidupnya. Migrasi ini menyebabkan terjadinya akulturasi budaya dan juga terjadi penyebaran bahasa lokal. Misalnya di Jawa yang merupakan daerah yang modern dan maju menarik penduduk daerah lain untuk berkunjung. Banyak sekali penduduk dari suku yang tinggal dari daerah lain di Indonesia berdatangan dan membawa bahasa lokal. Dengan demikian di Jawa akhirnya terjadi akulturasi bahasa dengan bahasa lain yang memungkinkan memunculkan bahasa baru.

0 Response to "Unsur-unsur Budaya dan Penyebaran Bahasa Lokal"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...