STANDAR OPERATING PROSEDUR TAK STIMULASI PERSEPSI PENINGKATAN HARGA DIRI : IDENTIFIKASI HAL POSITIF DIRI
PENGERTIAN
PENGERTIAN
Terapi yang menggunakan aktifitas mempersepsikan berbagai stimulus yang terkait dengan pengalaman untuk didiskusikan dengan kelompok yang hasilnya berupa kesepakatan atau alternatif jawaban penyelesaian masalah
TUJUAN
A. Pasien mengetahui pentingnya menghargai diri sendiri
B. Pasien dapat mengidentifikasi hal-hal positif diri
INDIKASI
Pasien harga diri rendah
PERSIAPAN ALAT
A. Kertas HVS
B. Spidol
PROSEDUR
NO
|
BUTIR YANG DINILAI
|
NILAI
| ||
2
|
1
|
0
| ||
A.
|
PERSIAPAN
| |||
1.
|
Memilih pasien yang sesuai indikasi
| |||
2.
|
Membuat kontrak dengan pasien
| |||
3.
|
Mempersiapkan alat dan tempat (peserta duduk melingkar dalam suasana ruang yang tenang dan nyaman)
| |||
Score = 8
| ||||
NA
|
Nilai = Jumlah score
|
NO
|
BUTIR YANG DINILAI
|
NILAI
| ||
2
|
1
|
0
| ||
B.
|
ORIENTASI
| |||
1.
|
Mengucapkan salam terapeutik
| |||
2.
|
Menanyakan perasaan klien hari ini
| |||
3.
|
Menjelaskan tujuan kegiatan
| |||
5.
|
Menjelaskan aturan main :
- Klien harus mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
- Bila ingin keluar dari kelompok harus meminta izin dari terapis
- Lama kegiatan 45 menit
| |||
Score = 8
| ||||
NB
|
Nilai = Jumlah score
|
NO
|
BUTIR YANG DINILAI
|
NILAI
| ||
2
|
1
|
0
| ||
C.
|
KERJA
| |||
1.
|
Memperkenalkan diri, meminta klien untuk memperkenalkan diri mulai dari kiri terapis bergiliran sampai selesai.
| |||
2.
|
Menjelaskan bahwa pandangan tentang diri akan sangat mempengaruhi hubungan pasien dengan orang lain.
| |||
3.
|
Membagikan kertas dan pensil, satu pasang untuk setiap pasien.
| |||
4.
|
Meminta pasien untuk menuliskan tentang dirinya dikertas tentang kondisi fisik, identitas, peran, cita-cita dan harapan serta penilaian klien tentang dirinya.
| |||
5.
|
Meminta pasien membacakan hasil tulisannya dikertas masing-masing searah jarum jam sampai semua peserta membacakan hasil tulisannya.
| |||
6.
|
Terapis memberikan pujian, setiap kali pasien selesai membaca tulisannya
| |||
7.
|
Meminta pasien melihat kembali hasil tulisannya dan meminta mencoret tulisannya yang isinya penilaian negatif
| |||
8.
|
Meminta kembali membacakan hasil tulisannya yang tersisa secara bergiliran
| |||
9.
|
Meminta pasien menambahkan tulisan aspek ositif dirinya, setelah selesai meminta membaca ulang secara bergiliran.
| |||
10.
|
Terapis memberikan pujian, setiap kali pasien selesai membaca tulisannya
| |||
Score = 20
| ||||
NC
|
Nilai = Jumlah score
|
NO
|
BUTIR YANG DINILAI
|
NILAI
| ||
2
|
1
|
0
| ||
D.
|
TERMINASI
| |||
1.
|
Menanyakan perasaan pasien setelah mengikuti TAK
| |||
2.
|
Memberi pujian atas pencapaian kelompok
| |||
3.
|
Menganjurkan agar pasien menuliskan aspek positif lainnya yang belum tertulis
| |||
4.
|
Membuat kontrak kembali untuk TAK berikutnya
| |||
Score = 8
| ||||
ND
|
Nilai = Jumlah score
|
0 Response to "terapi aktivitas kelompok (tak) stimulasi persepsi peningkatan harga diri : identifikasi hal positif diri"