STANDAR OPERATING PROSEDUR TAK STIMULASI PERSEPSI PENINGKATAN HARGA DIRI : MENGHARGAI HAL POSITIF ORANG LAIN
PENGERTIAN
PENGERTIAN
Terapi yang menggunakan aktifitas mempersepsikan berbagai stimulus yang terkait dengan pengalaman untuk didiskusikan dengan kelompok yang hasilnya berupa kesepakatan atau alternatif jawaban penyelesaian masalah
TUJUAN
A. Pasien dapat memahami pentingnya menghargai orang lain
B. Pasien dapat mengidentifikasi hal-hal positif orang lain
C. Pasien dapat memberi umpan balik positif pada orang lain
INDIKASI
Pasien harga diri rendah
PERSIAPAN ALAT
A. Spidol
B. Kertas
PROSEDUR
NO
|
BUTIR YANG DINILAI
|
NILAI
| ||
2
|
1
|
0
| ||
A.
|
PERSIAPAN
| |||
1.
|
Membuat kontrak dengan klien yang sesuai indikasi
| |||
2.
|
Mempersiapkan alat dan tempat (peserta duduk melingkar)
| |||
Score = 4
| ||||
NA
|
Nilai = Jumlah score
|
NO
|
BUTIR YANG DINILAI
|
NILAI
| ||
2
|
1
|
0
| ||
B.
|
ORIENTASI
| |||
1.
|
Mengucapkan salam terapeutik
| |||
2.
|
Menanyakan perasaan klien hari ini
| |||
3.
|
Menanyakan apakah pasien pernah menghargai orang lain
| |||
4.
|
Menjelaskan tujuan kegiatan
| |||
5.
|
Menjelaskan aturan main :
- Klien harus mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
- Bila ingin keluar dari kelompok harus meminta izin dari terapis
- Lama kegiatan 60 menit
| |||
Score = 8
| ||||
NB
|
Nilai = Jumlah score
|
NO
|
BUTIR YANG DINILAI
|
NILAI
| ||
2
|
1
|
0
| ||
C.
|
KERJA
| |||
1.
|
Membagi kertas dan spidol
| |||
2.
|
Meminta pasien untuk membagi kertas yang diberikan menjadi sejumlah peserta
| |||
3.
|
Meminta pasien untuk menuliskan nama pasien yang lainnya di sudut kanan kertas. Satu kertas untuk satu orang
| |||
4.
|
Meminta pasien untuk menuliskan hal-hal yang positif temannya sebanyak yang bisa ia tulis
| |||
5.
|
Menyerahkan hasil tulisannya ke pasien sesuai nama yang ditulis dikertas
| |||
6.
|
Meminta masing-masing pasien searah jarum jam membaca kertas yang diberikan dan mengungkapkan perasaan pasien setelah membaca kertas tersebut.
| |||
7.
|
Terapis memberikan pujian, setiap kali pasien selesai membacakan kertas yang ada ditangannya.
| |||
Score = 14
| ||||
NC
|
Nilai = Jumlah score
|
NO
|
BUTIR YANG DINILAI
|
NILAI
| ||
2
|
1
|
0
| ||
D.
|
TERMINASI
| |||
1.
|
Menanyakan perasaan pasien setelah mengikuti TAK
| |||
2.
|
Memberi pujian atas pencapaian kelompok
| |||
3.
|
Menganjurkan pada pasien untuk menyimpan kertasnya tersebut dan membaca ulang jika sedang muncul rendah dirinya
| |||
4.
|
Membuat kontrak kembali untuk TAK berikutnya
| |||
Score = 8
| ||||
ND
|
Nilai = Jumlah score
|
0 Response to "terapi aktivitas kelompok (tak) stimulasi persepsi peningkatan harga diri : menghargai hal positif orang lain"