Latest News

Menceritakan Isi Drama & Membahas Unsur-unsur dan Kekhasannya


1. Menceritakan Isi Drama
Drama merupakan karya sastra yang melukiskan kehidupan dan watak manusia lewat gerak dan dialog di atas pentas. Seperti yang Anda ketahui bahwa di Indonesia pertunjukkan sejenis drama mempunyai istilah yang bermacammacam, seperti wayang orang, ketoprak, ludruk (di Jateng dan Jatim), lenong (Betawi), randai (Minang), reog (Jabar), rangda (Bali), dan sebagainya. Bila Anda menceritakan isi drama, sama dengan menceritakan isi novel atau cerpen. Artinya, Anda harus memahami keseluruhan isi drama setelah itu baru dapat Anda ceritakan isinya kepada orang lain.

2. Membahas Unsur-unsur dan Kekhasannya
Bila Anda mengamati sebuah drama, unsur-unsur yang membangunnya antara lain naskah/lakon, pemain, tempat pertunjukan, dan penonton. Sedangkan naskah drama itu sendiri terdiri atas tema, plot, dialog, karakterisasi. Berikut Anda perhatikan uraian tentang unsur-unsur drama dan kekhasannya:
a. Tema
Seperti yang telah dipaparkan di atas bahwa tema merupakan pikiran pokok yang mendasari lakon drama, yang dikembangkan sedemikian rupa menjadi cerita yang menarik dalam wujud dialog.
b. Plot
Merupakan rangkaian cerita. Plot yang baik mengandung konflik (ketegangan). Tanpa adanya konflik, sebuah drama akan terasa hambar. Cermati susunan plot berikut ini!
1) Eksposisi (insiden yang mengawali konflik)
2) Komplikasi (penanjakan lakon dan menjadi konflik)
3) Resolusi (konflik mengendur dan selesai)
c. Karakterisasi
Merupakan penggambaran karakter. Karakter tersebut bermacam-macam, yaitu antagonis, trigonis, dan protagonis
d. Dialog
Melalui dialog pembaca akan mengetahui karakter/watak pelaku drama.
e. Warna lokal
Setiap karya sastra memiliki keunggulan di dalamnya. Ciri khas yang diperoleh mengenai hubungan antara karya sasta dan masyarakat pada khususnya dan segala macam simbol-simbol kehidupan yang tertuang di dalamnya. Oleh karena itu, beberapa karya sastra dijumpai mempergunakan nilai-nilai lokal untuk mengungkapkan fakta sosial tertentu dengan tujuan memberikan wawasan kepada pembaca atau penonton. Kekhasan tersebut bisa terlihat lewat berbagai bentuk, antara lain dialog, tema lokal, adat, kostum, dan lain-lain.

0 Response to "Menceritakan Isi Drama & Membahas Unsur-unsur dan Kekhasannya"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...