Latest News

Wilayah Pesisir dan Pantai


Wilayah Pesisir dan Pantai
Wilayah pesisir merupakan bagian dari daerah yang menjadi batas antara wilayah laut dengan daratan. Pada saat ini, pemerintah giat melakukan pembangunan wilayah pesisir untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satu konsep penanganan kawasan pesisir adalah konsep Integrated Coastal Zone Management, yaitu pengelolaan wilayah pesisir secara terpadu yang meliputi aspek ekonomi, sosial, lingkungan, dan teknologi.

Penanganan wilayah pesisir ini terkait dengan sumber daya alam yang ada di wilayah ini. Dari hasil deskripsimu, sumber daya apakah yang terdapat di wilayah pesisir? Banyak penduduk yang tinggal di wilayah pesisir menggantungkan hidupnya pada sumber daya alam di wilayah ini.

Lingkungan Pesisir di Ambang Bahaya
Lingkungan pesisir Laut Jawa sekarang ini di ambang bahaya akibat keserakahan manusia, kurangnya wawasan tentang bahari, serta kurangnya keterpaduan. Padahal, lingkungan pesisir memiliki cukup banyak aset yang belum tergarap dan belum diberdayakan secara optimal.
Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum Yayasan Swagotra Budaya Jawa Tengah, R.M. Setyadji Pantjawidjaja pada Dialog Budaya Lingkungan dalam rangka revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai kearifan tradisional masyarakat pesisir utara Jawa Tengah dalam pengelolaan lingkungan hidup, di serambi Masjid Agung Demak, Sabtu (20/9).
Sayang, Ketua Umum Yayasan Swagotra Jawa Tengah yang berusia 64 tahun ini tidak menjelaskan lebih terperinci tentang kondisi lingkungan pesisir utara Jawa yang dianggap dalam ambang bahaya. Namun, menurut catatan Kompas, Desa Bulak di Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, pada pertengahan tahun 1981 lenyap tidak berbekas tergusur ombak sejak tahun 1969.
Sebagian besar desa-desa di sepanjang pantai Demak, Jepara, Pati, hingga Rembang juga terdesak mundur hingga puluhan meter. Selain diakibatkan tingginya tingkat pelumpuran, semakin ganasnya ombak, juga rusaknya tanggul-tanggul pengaman maupun tanaman mangrove (bakau). Selain itu, juga diperparah dengan pembuangan limbah pabrik ke laut, yang mengakibatkan sebagian besar lahan tambak udang di sepanjang Laut Jawa tercemar sehingga banyak petani tambak yang gulung tikar. Bupati Demak Setyaningdyah mengakui, dari sudut pandang rasionalitas ataupun modernisasi, pola pikir masyarakat cenderung asing terhadap kemajuan sehingga tingkat sumber daya manusia rendah.
Sumber: http//www.kompas.com

Dari studi kasus tersebut, tentunya kamu telah mengetahui batasan-batasan zona pesisir serta sumber daya alam di wilayah tersebut. Bagaimana dengan wilayah pantai? Pantai merupakan batas pertemuan antara laut dan daratan. Pantai merupakan bagian dari pesisir. Saat kita pergi ke pantai, embusan angin yang semilir, ombak yang menerpa, dan hamparan pasir laut akan menyambut kita. Hal ini dapat kita nikmati pada saat air laut surut, bagaimana bila air laut pasang? Pada saat air pasang, hamparan pasir sebagian tertutup oleh air laut.

Potensi di wilayah pesisir dan pantai, selain di sektor perikanan adalah sektor pariwisata. Pengembangan sektor pariwisata akan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat, pemerintah daerah, dan pemerintah pusat.

0 Response to "Wilayah Pesisir dan Pantai"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...