Latest News

Sabana (savana) Indonesia


Sabana (savana) Indonesia
Sabana (savana) adalah tanah bersistem pengairan baik yang sebagian besar ditutupi rumput, semak (kurang dari 50%), dan pohon (antara 10–30%). Jika tanah tersebut ditutupi rerumputan dan paku-pakuan (lebih dari 50%) serta pohon dan semak (kurang dari 10%), disebut padang rumput (grassland/grass savana). Sabana tumbuh di daerah yang curah hujannya sedikit hingga sedang. Sabana biasanya dimanfaatkan untuk usaha peternakan, yaitu sebagai lahan penggembalaan. Sabana banyak terdapat di Nusa Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Pohon-pohon yang merajai pada sabana yang terdapat di kawasan timur Indonesia adalah kayu putih. Di Flores, Timor, Alor, Wetar, dan Papua bagian selatan, dirajai oleh tumbuhan akasia dan ampupu (Eucalyptus). Di Jawa Timur dan pulau-pulau lain di Nusa Tenggara Timur, jenis-jenis pohon yang merajai adalah dari marga lontar dan gebang.

Di Pulau Timor terdapat empat jenis sabana sebagai berikut.
1) Sabana cemara gunung pada ketinggian 100–125 m dpl.
2) Sabana akasia dan ampupu pada ketinggian 600–700 m dpl.
3) Sabana Eucalyptus platyphylla ditemukan pada daerah yang bergelombang di dataran rendah.
4) Sabana kayu putih ditemukan pada ketinggian di atas 900 m dpl.

Berdasarkan luas hutan yang ada di Indonesia, hutan hujan tropika meliputi areal yang paling luas (66 juta hektare), diikuti oleh hutan sekunder (23 juta hektare), padang alang-alang (16 juta hektare), hutan rawa air tawar (13 juta hektare), dan tipe-tipe hutan lainnya (4 juta hektare).

0 Response to "Sabana (savana) Indonesia"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...