Latest News

anatomi fisiologi Pleura dan struktur fungsinya

Paru-paru masing-masing diliputi oleh sebuah kantong pleura yang terdiri dari dua selaput serosa yang disebut pleura, yakni pleura parietalis melapisi dinding thorax, dan pleura visceralis meliputi paru-paru, termasuk permukaannya dalam fisura.
Cavitas pleuralis adalah ruangan potensial antara kedua lembar pleura dan berisi selapis kapiler cairan pleura serosa yang melumasi permukaan pleura dan memungkinkan lembar-lembar pleura menggeser secara lancar satu terhadap yang lain pada pernapasan.
Pleura parietalis melekat pada dinding thorax, mediastinum dan diafragma. Pleura parietalis mencakup bagian-bagian berikut.
a.    Pleura kostal menutupi permukaan dalam dinding thorax (sternum, cartilage costalis, costa, musculus intercostalis, membran  intercostalis, dan sisi-sisi vertebra thoracica).
b.    Pleura mediastinal menutupi mediastinum.
c.    Pleura diafragma menutupi permukaan torakal diaphragm.
d.    Pleura servikal (cupula pleurae) menjulang sekitar 3 cm ke dalam leher, dan puncaknya membentuk kubah seperti mangkuk di atas apex pulmonis.
Pleura parietalis beralih menjadi pleura visceralis dengan membentuk sudut tajam menurut garis yang disebut garis refleksi pleural. Ini terjadi pada peralihan pleura kostal menjadi pleura mediastinal di sebelah ventrikal dan dorsal, dan pada peralihan pleura kostal menjadi pleura diafragmatik di sebelah kaudal. Pada radix pulmonis terjadi pula antara lembar pleura visceralis dan pleura parietalis; sebuah duplikatur pleura parietalis yang dikenal sebagai ligamentum pulmonale tergantung ke arah kaudal di daerah ini
Pada ekspirasi paru-paru tidak mengisi cavitas pleuralis sepenuhnya; makanya pleura diafragmatik bersentuhan dengan pleura kostal, dan cavitas pleuralis potensial di sini disebut recessus costomediastinalis; relung di sebelah kiri adalah lebih luas karena incisura cardiaca pada paru-paru kiri. Paru-paru memasuki relung pleura (tanpa mengisi penuh) pada inspirasi dalam dan keluar pada ekspirasi ( Moore, 2002, hlm.45).
Pleura bagian terluar dari paru-paru dikelilingi oleh membran halus, dan licin, yaitu pleura, yang juga meluas untuk membungkus dinding interior toraks dan permukaan superior diafragma. Pleura parietalis melapisi toraks dan pleura viselaris melapisi paru-paru. Antara kedua pleura ini terdapat ruang yang disebut spasium pleura, yang mengandung sejumlah kecil cairan yang melicinkan permukaan dan memungkinkan keduanya bergeser dengan bebas selama ventilasi (Smeltzer, 2002, hlm 513).

0 Response to "anatomi fisiologi Pleura dan struktur fungsinya"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...