Latest News

Wilhelm Conrad Roentgen (sang penemu rontgen)


Bisakah Anda bayangkan andaikata dunia tak punya alat rontgen? Wilhelm Conrad Roentgen adalah penemu sinar X, ia dilahirkan pada tahun 1845 di kota Lennep, Jerman. Dia memperoleh gelar doktor tahun 1869 dari Universitas Zurich. Selama sembilan belas tahun sesudah itu, Roentgen bekerja di berbagai universitas, dan lambat laun memperoleh reputasi sebagai seorang ilmuwan. Tahun 1888 dia diangkat jadi guru besar bidang fisika dan Direktur Lembaga Fisika Universitas Wurburg. Di situlah, tahun 1895, Roentgen membuat penemuan yang membuat namanya terkenal.
 
Tanggal 8 November 1895, Roentgen sedang melakukan percobaan dengan “sinar katoda”. Sinar katoda terdiri dari arus elektron. Arus dihasilkan dengan menggunakan voltase tinggi antara elektroda yang ditempatkan pada masing-masing ujung tabung gelas yang udaranya hampir dikosongkan seluruhnya. Sinar katoda sendiri tidak langsung merambat karena dihalangi oleh udara yang tebalnya beberapa sentimeter. Pada peristiwa ini Roentgen menutup seluruh tabung sinar katoda dengan kertas hitam tebal, sehingga meskipun sinar listrik dinyalakan, tak ada cahaya yang bisa terlihat dari tabung.

Tetapi, ketika Roentgen menyalakan arus listrik di dalam tabung sinar katoda, dia melihat bahwa cahaya mulai memijar pada layar seperti distimulir oleh sinar lampu. Kemudian saat dia mematikan arus listrik cahaya berhenti memijar. Karena tabung sinar katoda sepenuhnya tertutup, Roentgen menyadari terbentuknya radiasi yang tidak kelihatan datang dari tabung ketika sinar listrik dinyalakan. Selanjutnya, dia menyebut radiasi yang tampak itu sebagai sinar “X”. Adapun “X” merupakan lambang matematik biasa untuk sesuatu yang tidak diketahui. Tahun 1901, Roentgen menerima hadiah Nobel untuk bidang fisika, yang untuk pertama kalinya diberikan untuk bidang itu. Dia tutup usia di Munich, Jerman tahun 1923.

0 Response to "Wilhelm Conrad Roentgen (sang penemu rontgen)"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...