Latest News

Pengertian dan Tujuan Pembangunan Nasional


Sebagai negara berkembang, Indonesia sedang giat melakukan pembangunan ekonomi. Pembangunan ekonomi yang sudah kita bahas di depan adalah bagian dari pembangunan nasional. Pembangunan nasional mencakup semua aspek kehidupan yang meliputi pembangunan di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya serta pertahanan dan keamanan. Berikut ini kita akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan nasional.


Pembangunan nasional diartikan sebagai rangkaian upaya pembangunan yang berkesinambungan, yang meliputi seluruh aspek kehidupan masyarakat, bangsa dan negara pembangunan nasional dan mencakup bidang politik, ekonomi, sosial, budaya serta pertahanan dan keamanan. Pembangunan nasional dilakukan dengan tujuan untuk mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang merata materiil dan spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, dan berkedaulatan rakyat dalam suasana perikehidupan bangsa yang aman, tenteram, tertib dan dinamis serta dalam lingkungan pergaulan dunia yang merdeka, bersahabat, tertib dan damai.

Untuk memberikan arah dalam mencapai tujuan pembangunan nasional tersebut, MPR telah menetapkan GBHN (Garis-garis Besar Haluan Negara). Dengan demikian, GBHN merupakan pola umum Pembangunan nasional.

0 Response to "Pengertian dan Tujuan Pembangunan Nasional"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...