Latest News

Ciri-Ciri, kelebihan dan kelemahan Pasar Oligopoli


a. Ciri-Ciri Pasar Oligopoli
Berikut ini beberapa ciri-ciri pasar oligopoli.
1) Terdapat Sedikit Penjual yang Menjual Produk Substitusi (Pengganti antara Produk yang Satu dengan yang Lainnya)
Hal ini dikarenakan penawaran satu jenis barang hanya dikuasai oleh beberapa perusahaan. Sebagai akibat sedikitnya penjual yang menjual produk substitusi, terjadi perang harga.
2) Terdapat Rintangan untuk Memasuki Industri Oligopoli
Hal ini karena modal yang dibutuhkan relatif besar sehingga perusahaan yang ada dalam pasar hanya sedikit. Meskipun demikian, rintangan ini tidak sekuat seperti di pasar monopoli.
3) Keputusan Harga yang Stabil oleh Suatu Perusahaan Harus Dipertimbangkan oleh Perusahaan yang lain Dalam Industri
Penurunan harga dari suatu perusahaan cenderung menyebabkan perusahaan-perusahaan lain juga ikut melakukan penurunan agar mereka tidak kehilangan langganan. Demikian sebaliknya, sekiranya suatu perusahaan menaikkan harga, produksi perusahaan-perusahaan lain menjadi relatif lebih murah. Akibatnya, perusahaan yang menaikkan harga akan kehilangan langganan, sedangkan perusahaan lain yang tidak menaikkan harga bertambah banyak langganannya. Dengan demikian tidak ada alasan perusahaan lain tersebut untuk mengubah tingkat harga.
4) Menghasilkan Barang Standar maupun Barang Berbeda Corak
Barang yang dihasilkan di pasar oligopoli banyak ragamnya baik barang standar maupun barang yang berbeda corak.
5) Melakukan Promosi Melalui Iklan
Dalam pasar oligopoli ini, kegiatan promosi melalui iklan aktif dilakukan dengan tujuan menarik pembeli baru dan mempertahankan pembeli lama.

b. Kelebihan Pasar Oligopoli
1) Barang yang Dihasilkan Berbeda Corak
Produsen-produsen yang ada di pasar oligopoli memproduksi barang bermacam-macam dan berbeda corak sesuai yang diinginkan masyarakat. Dengan demikian pasar barang tersebut dapat menyebar ke golongan masyarakat yang lebih luas.
2) Efisiensi dalam Menggunakan Sumber-Sumber Daya
Apabila dipandang dari syarat efisiensi, pasar oligopoli tidaklah menggunakan sumber-sumber daya secara efisien. Namun dipandang dari sudut skala ekonomi yang mungkin diperoleh, terdapat kemungkinan bahwa produsen-produsen dalam pasar oligopoli akan memproduksi barang dengan biaya yang lebih rendah daripada produsen-produsen dalam pasar persaingan sempurna.
3) Pengembangan Teknologi dan Inovasi
Pasar oligopoli merupakan struktur pasar yang paling memberikan dorongan untuk mengemukakan teknologi dan melakukan inovasi. Usaha untuk menarik lebih banyak konsumen dijalankan dengan persaingan bukan harga. Salah satu di antaranya adalah dengan terus menerus mengembangkan barang-barang yang diproduksi agar mempunyai keistimewaan-keistimewaan tertentu. Untuk mencapai tujuan ini perusahaan harus terus berusaha mengembangkan teknologi dan membuat inovasi yang diperlukan.

c. Kelemahan Pasar Oligopoli
Selain kelebihan yang dimiliki, pasar oligopoli juga mempunyai beberapa kelemahan seperti berikut ini.
1) Terjadi Persaingan Harga yang Ketat
Persaingan harga biasanya terjadi apabila ada produk baru masuk ke pasar. Agar dapat menguasai pasar, biasanya produsen baru menurunkan harga, agar produk lama dapat tergeser. Tindakan ini merugikan pelaku lama.
2) Terdapat Rintangan yang Kuat untuk Masuk ke Pasar Oligopoli
Bagi produsen baru yang masuk ke pasar tidaklah mudah karena membutuhkan investasi yang tinggi.

0 Response to "Ciri-Ciri, kelebihan dan kelemahan Pasar Oligopoli"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...