STANDAR OPERATING PROSEDUR TAK : SOSIALISASI SESI 4
PENGERTIAN
PENGERTIAN
Terapi yang berupaya memfasilitasi kemampuan sejumlah klien dengan masalah hubungan social
TUJUAN
Klien mampu menyampaikan dan membicarakan topik tertentu
INDIKASI
A. Klien menarik diri yang telah mulai melakukan interaksi interpersonal
B. Klien kerusakan komunikasi verbal yang telah berespon sesuai stimulus
PERSIAPAN ALAT
A. Tape recorder
B. Kaset mari kemari
C. Bola tenis
D. Buku catatan dan bolpoin
E. Jadwal kegiatan klien
A. White board
PROSEDUR
NO
|
BUTIR YANG DINILAI
|
NILAI
| ||
2
|
1
|
0
| ||
A.
|
PERSIAPAN
| |||
1.
|
Mengingatkan kontrak dengan klien yang sesuai indikasi
| |||
2.
|
Mempersiapkan alat dan tempat (peserta duduk melingkar dalam suasana ruang yang tenang dan nyaman).
| |||
Score = 4
| ||||
NA
|
Nilai = Jumlah score
|
NO
|
BUTIR YANG DINILAI
|
NILAI
| ||
2
|
1
|
0
| ||
B.
|
ORIENTASI
| |||
1.
|
Mengucapkan salam terapeutik dan msaing-masing memakai name tag
| |||
2.
|
Menanyakan perasaan klien hari ini dan apakah sudah latihan bercakap-cakap dengan orang lain
| |||
3.
|
Menjelaskan tujuan kegiatan
| |||
4.
|
Menjelaskan aturan main :
a. Klien harus mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir
b. Bila ingin keluar dari kelompok harus meminta izin dari terapis
c. Lama kegiatan 45 menit
d. Masing-masing membicarakan topik tertentu
| |||
Score = 8
| ||||
NB
|
Nilai = Jumlah score
|
NO
|
BUTIR YANG DINILAI
|
NILAI
| ||
2
|
1
|
0
| ||
C.
|
KERJA
| |||
1.
|
Terapis menjelaskan langkah berikutnya : tape recorder akan dinyalakan. Saat musik terdengar bola tenis dipindahkan dari satu peserta ke peserta lain. Saat musik dihentikan peserta yang sedang memegang bola tennis mendapat giliran untuk menyampaikan suatu topik yang ingin dibicarakan misalnya cara mencari teman, setemlah semua mendapat giliran. Tape akan dihidupkan lagi dan edarkan bola. Saat musik dihentikan peserta yang sedang memegang bola tennis mendapat giliran untuk memilih topik yang disukai dan setelah masalah ditentukan
| |||
2.
|
Terapis menyalakan tape dan mengedarkan bola tenis lalu menghentikan. Saat musik dihentikan peserta yang sedang memegang bola tenis mendapat giliran untuk menyampaikan suatu topik yang ingin dibicarakan
| |||
3.
|
Tulis topik pada white board. Topik yang disampaikan secara berurutan
| |||
4.
|
Ulangi langkah no 2 dan 3 sampai semua peserta mendapat giliran
| |||
5.
|
Hidupkan lagi tape dan edarkan bola. Saat musik dihentikan pesrta yang sedang memegang bola tennis mendapatkan giliran untuk mem ilih topik yang disukai
| |||
6.
|
Ulangi no. 5 sampai semuya mendapat giliran.
| |||
7.
|
Terapis membantu menentukan topik yang paling banyak
| |||
8.
|
Hidupkan lagi tape dan edarkan bola. Saat musik dihentikan peserta yang sedang memegang bola tennis mendapatkan giliran untuk memberi pendapat tentang topik yang telah ditentukan
| |||
9.
|
Ulangi no. 8 sampai semua mendapatkan giliran
| |||
10.
|
Terapis memberikan pujian, setiap kali pasien selesai menceritakan perasaannya.
| |||
Score = 16
| ||||
NC
|
Nilai = Jumlah score
|
NO
|
BUTIR YANG DINILAI
|
NILAI
| ||
2
|
1
|
0
| ||
D.
|
TERMINASI
| |||
1.
|
Menanyakan perasaan pasien setelah mengikuti TAK
| |||
2.
|
Memberi pujian atas pencapaian kelompok
| |||
3.
|
Menganjurkan agar pasien bercakap-cakap tentang topik tertentu
| |||
4.
|
Membuat kontrak kembali untuk TAK berikutnya
| |||
Score = 8
| ||||
ND
|
Nilai = Jumlah score
|
0 Response to "terapi aktivitas kelompok (tak) : sosialisasi sesi 4"